Mesin Kapal Pesiar Terbakar, 3.000 Turis Terjebak di Lautan

Putri Rizqi Hernasari - detikTravel - Selasa, 12/02/2013 13:22 WIB
Yucatan - Entah mimpi apa, bukannya liburan mewah di atas pesiar, 3.000 penumpang kapal Carnival Triumph malah terombang-ambing di tengah laut. Mesin kapal yang ditumpangi terbakar. Kapal bantuan pun baru tiba Rabu besok.

Adalah Carnival Triumph nama kapal pesiar mewah yang mengalami kebakaran mesin pada hari Minggu (10/2) pagi kemarin. Awalnya, pesiar mewah yang berasal dari Florida ini berlayar dari Galveston, Texas pada Kamis (7/2).

Tapi kemudian, mesin kapal pesiar mengalami kebakaran. Tepatnya sekitar 150 mil dari Semenanjung Yucatan. Sebanyak 3.143 penumpang dan 1.086 kru kapal masih berada di atas kapal dan tidak ada yang terluka.

Sebuah kapal tunda pun telah dikirim dan sedang berada dalam perjalanan. Nantinya, kapal yang akan tiba Rabu besok ini, akan menarik Carnival Triumph ke Pelabuhan Progeso di Meksiko.

"Kapal Carnival lain seperti, the Carnival Elation, berada di tempat kejadian dan memberikan makanan dan minuman ke Carnival Triumph sesuai ketentuan," kata pihak Carnival, seperti yang ditulis Telegraph, Senin (11/2/2013).

Bertanggung jawab atas insiden ini, Carnival pun mengatakan siap memberikan ganti rugi. Semua wisatawan yang menjadi korban akan diberikan penerbangan dari Progreso ke Galveston. Tak hanya itu, mereka juga akan menerima pengembalian uang penuh, atau sebuah kamar di cruise alternatif.

Kebakaran mesin yang terjadi di Carnival juga berdampak pada pelayaran dua kapal lain. Pihak Carnival mengatakan 2 pelayaran selanjutnya akan dibatalkan. Penumpang yang terlanjur membooking tiket akan menerima pengembalian dana.

Insiden terbakarnya mesin Carnival Triumph ternyata bersamaan dengan tewasnya 5 ABK kapal pesiar Thomson Majesty. Saat itu mereka sedang latihan rutin keselamatan dengan sekoci.

Ada 8 orang ikut dalam latihan ketika kapal akan berlabuh. Kemudian, ketika berada di sekoci, mereka terjatuh ke laut sedalam 30 meter. 3 ABK asal Indonesia termasuk dalam 5 ABK yang tewas. Promo tiket ke Palembang mulai dari Rp. 403.116

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Beijing Rp. 3.998.557 PILIH
Jakarta Brisbane Rp. 5.697.901 PILIH

Powered by
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com