DetikTravel









Travel Highlight Solo Traveling

Solo Traveling ke Asia, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Putri Rizqi Hernasari - detikTravel - Rabu, 27/02/2013 11:34 WIB
Bangkok - Tak hanya dalam negeri, traveling sendirian juga bisa dilakukan di luar negeri, seperti beberapa negara di Asia. Untuk Anda yang tertarik jalan-jalan sendiri di Asia, ikuti dulu 10 tips berikut.

Traveling sendirian tentu berbeda dengan traveling ramai-ramai. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan. Mulai dari persiapan sebelum berangkat, ketika tiba di lokasi liburan, hingga kembali ke rumah harus disusun dengan benar.

Untuk itu, dikumpulkan detikTravel, Rabu (27/2/2013) inilah 10 tips yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum solo traveling di Asia:

1. Cari informasi tentang destinasi sebelum berangkat

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mencari informasi lengkap tentang destinasi tujuan. Cari tahu tentang kultur atau budaya di sana. Mulai dari kebiasaan penduduk lokal hingga kondisi keamanaan lokasi tujuan. Semua itu penting diketahui agar Anda tahu bagaimana harus bersikap ketika tiba di tempat.

2. Booking penginapan sebelum tiba di lokasi

Sebelum tiba di destinasi tujuan, ada baiknya Anda telah memesan hotel yang akan diinapi.

"Minimal kalau bisa malam pertama sudah punya penginapan dari pesawat. Jadi sudah tahu mau ke mana dari bandara," kata penulis buku 'The Jilbab Traveler' Asma Nadia, kepada detikTravel.

3. Cari tahu kemampuan bahasa Inggris di destinasi tujuan

Tidak semua negara di Asia menggunakan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Untuk itu, ada baiknya Anda mencari tahu kemampuan berbahasa Inggris penduduk lokal. Ini membantu komunikasi selama melancong di sana.

"Mesti tahu kemampuan bahasa Inggris di tempat itu. Hafalkan kosa kata sederhana di tempat itu, seperti angka atau sapaan," lanjut Asma.

4. Bawa obat-obatan pribadi

"Bawa obat-obatan pribadi," tambah Asma.

Hal lain yang tak kalah penting adalah membawa obat-obatan pribadi. Tidak semua toko obat yang ada di destinasi tujuan menyediakan obat yang Anda perlukan. Selain itu, jika dalam keadaan mendesak, Anda jadi tidak perlu repot-repot mencari apotek untuk membeli.

5. Lalui jalan yang ramai

Sementara itu dari Backpacking Tips Asia, hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika solo traveling di Asia adalah mencari jalan yang ramai. Penting sekali bagi siapa saja yang liburan sendiri untuk menghindari tempat sepi, terutama malam hari.

Ini berguna untuk keselamatan. Anda tentu tidak mau sedang asyik menikmati jalan, tiba-tiba ada orang jahat menghampiri dan ketika sadar, Anda sendirian di jalan sepi tanpa ada orang lain yang lewat?

6. Jangan terlalu percaya dengan orang baru

Ketika bertemu dengan orang baru, jangan langsung percaya meski dia menunjukkan sikap yang sangat baik. Untuk menunjukkan rasa sopan, jika ia mengajak berbincang, Anda boleh menjawabnya.

Tapi ingat, jika teman baru ini sudah bertanya ke arah yang lebih sensitif seperti alamat rumah atau nomor telepon, jangan pernah berikan. Kita tidak pernah tahu niat di hati seseorang.

7. Kenakan pakaian yang sopan

Sebagai tanda ikut menghormati budaya di Asia, hindari menggunakan pakaian yang terbuka. Kenakanlah pakaian yang tertutup, terutama untuk traveler wanita. Rok mini, tank top ketat, atau pakaian pendek yang menunjukkan perut bukanlah pakaian yang dianjurkan dipakai saat traveling di Asia.

Pakaian terbuka bukanlah budaya di kebanyakan negara Asia. Traveling sendiri dan nekat mengenakan pakaian terbuka, hanya mengundang pria jahat untuk mengganggu Anda.

8. Jangan takut untuk mengatakan tidak

Backpacking Tips Asia juga menyebutkan jika sedang berjalan di salah satu kota di Asia, mungkin Anda akan bertemu dengan banyak pedagang yang menjajakkan dagangan. Salah satunya adalah kota Siem Reap di Bangkok. Ada pedagang yang memaksa, namun ada pula yang tidak.

Kalau bertemu dengan kejadian seperti ini, sebaiknya hindari dengan berkata tidak dan langsung pergi. Ini karena tidak semua pedagang benar-benar ingin menjajakkan dagangannya. Ada pula yang memiliki niat jahat di balik penawaran dagangan. Waspadalah!

9. Selalu jaga barang berharga

Jangan pernah tinggalkan barang berharga sembarangan. Bahkan, ketika hendak ke kamar mandi saat menunggu bus, bawa pula tas Anda ke sana. Ingatlah, orang jahat yang ingin mencuri selalu ada di mana-mana.

10. Traveler pria, jangan mudah tergoda wanita

Hal ini sangat penting diperhatikan terutama untuk traveler pria yang sedang jalan di Patpong, Bangkok. Di kawasan ini banyak wanita yang akan menggoda Anda. Jangan mau dirayu oleh mereka, karena tidak sedikit yang ternyata seorang pemeras.

(shf/shf)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com