DetikTravel









6 Destinasi Eksotis di Bali Selain Pantai

Desi Puspasari - detikTravel - Jumat, 08/03/2013 07:44 WIB
Bali tak sekadar pantai. Masih ada destinasi lain yang tak kalah eksotis dan cantik selain pantai. Jangan salah, Bali juga punya arung jeram, air terjun, sampai kuburan unik. Penasaran mau tahu yang lainnya?

Lupakan sejenak tentang pantai saat berlibur ke Pulau Dewata. Cobalah cari sesuatu yang berbeda. Dikumpulkan detikTravel, Jumat (8/3/2013), inilah 6 destinasi di Bali yang 'wajib' Anda datangi selain pantai:

1. Pasar Seni Sukawati

Traveling belum lengkap kalau belum belanja, termasuk juga saat berlibur di Bali. Untuk urusan yang satu ini, Pasar Seni Sukawati di Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar tempatnya. Di pasar ini, Anda bisa belanja sepuasnya dengan harga yang sangat bersahabat.

Berbagai macam oleh-oleh khas Bali lengkap ada di sana, mulai dari kaos dengan kata-kata lucu, aksesoris, pernak-pernik berupa kerajinan dari kayu, dan cemilan khas Bali. Pasar ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WITA. Agar semakin puas berbelanja, jangan ragu untuk mengeluarkan jurus tawar-menawar!

2. Kuburan Trunyan

Di Desa Trunyan, Kabupaten Bangli, Bali, jasad seseorang yang sudah meninggal tidaklah diletakkan dalam peti atau dibakar. Jenazah diletakkan begitu saja di atas tanah sebuah lahan. Lahan itu dikenal sebagai Kuburan Trunyan. Suasana yang tercipta digabung dengan sejarah yang menarik membuat destinasi ini eksotis.

Wisatawan bisa berkunjung ke makam ini. Akan tetapi, setiap langkah Anda harus hati-hati. Karena tulang-tulang dan tengkorak tesebar di seluruh area pemakaman ini. Bahkan, di sini ada juga jenazah yang masih utuh. Walaupun diletakkan di alam terbuka, jenazah-jenazah tersebut tetap tidak mengeluarkan bau busuk karena ada pohon taru menyan yang menyerap bau dari jenazah.

Keadaan kuburan memang sengaja dibiarkan seperti ini. Perlu traveler ingat, ada peraturan yang melarang traveler membawa keluar barang-barang yang sudah ada di lokasi ini.

3. Arung jeram Sungai Ayung

Tak cuma ada banana boat dan parasailing, Bali juga punya destinasi untuk arung jeram. Berlokasi di Desa Payangan, Ubud, Bali, Sungai Ayung menjadi destinasi seru untuk berarung jeram. Arus yang deras dan bebatuan sungai yang besar siap menantang nyali Anda di sini.

Kegiatan arung jeram di Sungai Ayung, dimulai dari daerah Payangan dan berakhir di Desa Kedewatan. Panjang jalur arung jeram ini adalah 12 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam. Uniknya, di beberapa titik-titik tertentu Anda dapat melihat pahatan-pahatan tebing yang indah dan besar karya seniman Ubud. Liburan Anda di Bali pun akan semakin eksotis sekaligus seru di sini!

4. Desa Panglipuran

Seringkali keindahan alam pedesaan Bali terekspos dalam film televisi. Ya, itu adalah wajah Desa Panglipuran di Kabupaten Bangli, Bali. Berada di ketingian 700 mdpl dan alam yang masih hijau, membuat suasana di desa ini sangat sejuk. Nikmati sendiri pemandangan yang eksotis, terutama saat pagi hari.

Berlibur di desa wisata ini, traveler bisa mencicipi minuman khas setempat bernama 'yolo cemcem'. Satu yang tak pernah terlewatkan oleh traveler adalah berburu foto. Sejauh mata memandang, setiap jengkal desa ini punya paras cantik dan fotogenik. Jepret!

5. Gunung Batur dan Danau Batur

Dengan ketinggian sekitar 1.500 mdpl, Gunung Batur mempunyai panorama matahari terbit yang dahsyat. Inilah sisi eksotis Bali lainnya yang harus Anda tahu. Selain itu, gunung ini juga terkenal dengan kalderanya yang ditetapkan sebagai taman bumi, bagian dari Global Geopark Network (GGN) oleh UNESCO.

Gunung Batur terletak di atas Danau Batur, Kintamani. Danau Batur juga memiliki daya tarik yang memesona. Traveler yang datang benar-benar dimanjakan dengan keindahan Bali yang berbeda.

6. Air Terjun Tukad Unda

Bosan dengan pantai, Bali juga punya air terjun Tukad Unda. Berada di Kabupaten Klungkung, air terjun ini memiliki bentuk seperti tirai panjang. Tukad Unda adalah aliran dari Tukad Telaga Waja yang bersumber di kaki Gunung Agung. Airnya bersih dan dingin.

Sungai ini terlalu cantik untuk ditinggalkan begitu saja. Bersanding dengan alam yang masih hijau, air terjun ini pun tak akan luput dari jepretan lensa kamera. Sungguh, keindahan Bali memang tak terbatas hanya dengan pantai.

(ptr/shf)
Anak-anak yang bermain di bawah air terjun Tukad Unda (Jehan Khaleda/d'Traveler)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com