Travel Highlight Makassar

Otak-otak Ibu Elly, Camilan Wajib Coba di Makassar

Muhammad Nur Abdurrahman - d'traveler - Kamis, 21/03/2013 11:24 WIB
Makassar - Jalan-jalan di Kota Makassar, sambil mencicipi aneka kuliner khas kota Anging Mammiri ini belumlah lengkap otak-otak racikan Ibu Elly, yang berada di Jalan Kijang No 7 D, Makassar. Cocok untuk oleh-oleh.

Makanan otak-otak terbuat dari bahan baku ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung gandum. Setelah dikukus, Otak-otak kemudian dibungkus dengan daun pisang. Otak-otak khas Ibu Elly ini lebih mantap jika dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah kita atau kawan-kawan kita, jika habis bepergian di Makassar.

Ibu Elly yang ditemui detiktravel di tokonya, Rabu (20/3/2013) menyebutkan otak-otak racikannya ini tahan sampai sebulan. Asalkan, jika sesampai kita di rumah, otak-otak langsung dimasukkan ke freezer kulkas.

Saat hendak dinikmati, otak-otak lebih enak bila dipanaskan lebih dahulu, dengan dipanggang atau dipanaskan dengan menggunakan wajan tanpa diberi minyak kelapa. Saat dinikmati, Otak-otak lebih enak bila dicelupkan saus kacang khas Otak-otak.

Menurut Ibu Elly, ia merintis usaha bisnis kuliner Otak-otak ini sejak tahun 1995, dengan memasok otak-otak ke sejumlah restoran seafood di Makassar. Sebelumnya, dari tahun 1974, mertuanya yang bernama Aci' Noni lebih dulu menjual Otak-otak saat masih tinggal di jalan Maccini Tengah, Makassar.

Otak-otak Ibu Elly ini harga perbijinya dijual Rp 4.000. Namun jika untuk dibawa pulang, Ibu Elly menawarkan beberapa paket kemasan, seperti paket 10 biji seharga Rp 35.000, paket 20 Biji seharga Rp 60.000, paket 40 biji seharga Rp 120.000 dan paket 50 biji seharga Rp 150.000.

Selain menjual otak-otak, Ibu Elly juga menjual beberapa jenis makanan lainnya, seperti Gogos alias lemper khas Makassar dan Es Pisang Ijo. Selain makanan, ada juga jenis oleh-oleh lainnya seperti cinderamata khas Makassar dan kain khas Bugis-Makassar.

Wisatawan yang ingin mampir ke toko Ibu Elly, mudah-mudah saja. Lokasinya tidak jauh dari rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar. Makanan Otak-otak Ibu Elly ini telah meraih penghargaan Makassar Most Favourite Award kategori Kuliner selama 3 tahun berturut-turut, dari tahun 2010 hingga tahun 2012.

Di toko Ibu Elly juga terpampang beberapa foto seleb yang pernah singgah berbelanja oleh-oleh. Tampak di dinding ada foto seperti Pak Bondan, Rio Febrian, Widyawati dan Aryo Wahab. Promo tiket ke Makassar mulai dari Rp. 722.651

Otak-otak Ibu Elly cocok untuk dijadikan oleh-oleh (MN Abdurrahman/detikTravel)
Baca Juga

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Taipei Rp. 2.244.244 PILIH
Jakarta Auckland Rp. 6.429.090 PILIH

Powered by
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
Travel
Forum
Komodo Tours Indonesia
Oleh : balinter
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com