Travel Highlight Makassar

Wajib Coba, Tradisi Minum Kopi Khas Makassar

Muhammad Nur Abdurrahman - d'traveler - Kamis, 21/03/2013 15:35 WIB
Makassar - Tidak hanya Aceh atau Belitong saja yang memiliki tradisi minum kopi. Di Makassar, Anda pun bisa datang ke warung-warung kopi di jalanan. Silakan menikmati suasana Makassar dengan secangkir kopi Toraja. Slrupp!

Jika pertama kali traveling ke Makassar, Anda akan menjumpai kerumunan orang yang sedang duduk-duduk di warung kopi. Seperti halnya Aceh yang terkenal warung kopinya, begitu pun di Makassar. Jika dihitung, jumlah warung kopi se-Makassar mungkin mencapai ratusan.

Ada beberapa warung kopi (warkop) terkenal di Makassar, seperti Warkop Phoenam, Warkop Dottoro, Warkop Daeng Anas, Warkop Daeng Sija atau Warkop Hei Hong. Untuk memperoleh bahan baku kopi tidaklah sulit, karena di Sulawesi Selatan terdapat dua daerah penghasil kopi kelas dunia, yakni di Toraja dan di Kalosi.

Rata-rata kopi yang disajikan merupakan perpaduan kopi Robusta dan Arabika yang dimasak sebelum disajikan. Selain kopi hitam, kopi susu tidak kalah mantapnya.

Warkop Phoenam akan kita jumpai di tiga tempat di Makassar, seperti di Jalan Jampea, Jalan Boulevard dan Jalan Ratulangi. Warkop ini sudah tegak berdiri sejak tahun 1946 di Makassar.

Phoenam dalam bahasa Tionghoa berarti tempat persinggahan. Warkop ini juga sudah buka cabang di Jakarta, yakni di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Selain menyajikan kopi, Warkop Phoenam juga menawarkan menu teh susu atau menu roti bakar selai kaya.

Di utara kota Makassar, juga terdapat Warkop Dottoro yang dirintis H. Naba, sejak tahun 1960-an. Merek Dottoro diadaptasi dari asal kata Dokter, yang pelafalan Makassarnya dibaca Dottoro.Next

Promo tiket ke Makassar mulai dari Rp. 725.900

Daeng Anas sedang meracik kopinya (MN Abdurrahman/detikTravel)
Halaman 12

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Padang Rp. 508.100 PILIH
Jakarta Surabaya Rp. 332.500 PILIH

Powered by
Baca Juga
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com