DetikTravel









3 Tempat Berburu Oleh-oleh Khas Ranah Minang

Afif Farhan - detikTravel - Rabu, 03/04/2013 10:11 WIB
Padang - Jalan-jalan ke Sumatera Barat, jangan pulang dengan tangan hampa. Ada 3 tempat untuk berburu oleh-oleh khas Ranah Minang di sana, dari kripik sinjai hingga miniatur Jam Gadang. Yuk belanja!

Tak hanya alam dan budaya saja, Sumatera Barat punya aneka oleh-oleh khas yang wajib dibeli. Oleh-oleh tersebut dapat Anda simpan sebagai kenang-kenangan atau suvenir untuk keluarga dan kerabat. Asyiknya, oleh-oleh tersebut harganya tak mahal.

Disusun detikTravel, Rabu (3/4/2013), berikut 3 tempat untuk berburu oleh-oleh khas Ranah Minang:

1. Kripik Balado Shirley, Padang

Kripik Balado Shirley adalah tempat berburu oleh-oleh camilan khas Minang. Letaknya berada di Jl Gereja no 36, Kota Padang. Asyiknya, toko ini lmenyajikan makanan juga beragam kuliner ala Sumatera Barat yang terkenal pedasnya!

Tokonya cukup luas dan bersih. Aneka camilan yang ada di toko ini yaitu keripik balado aneka rasa, daka-daka, keripik kentang, kerupuk opak lado kering, kripik sinjai, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, ada juga aneka bumbu rendang, bumbu pecel, dan bumbu masak lainnya.

Aneka camilan berjejer rapi di dalam rak. Pada tiap raknya tercantum harga-harga tiap camilan sehingga Anda dapat menghitung bujet yang diperlukan untuk belanja. Tiap camilannya pun dapat Anda cicipi dulu sebelum membelinya.

Harga camilan di toko ini berkisar puluhan ribu rupiah, tergantung beratnya kemasan. Tenang saja, harganya masih terjangkau. Jika membeli dalam jumlah banyak, Anda akan diberi kardus kemudian diselotip tebal, tak perlu biaya tambahan. Toko ini buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Siap-siap berburu banyak camilan yang lamak bana!

2. Kiniko Enterprise, Tanah Datar

Ranah Minang tidak hanya dikenal dengan kulinernya yang pedas. Di Tanah Datar, Anda bisa membeli kopi daun yang nikmat di Kiniko Enterprise. Traveler pecinta kopi wajib datang ke sini.

Toko kopi ini terletak sekitar 1 jam dari Kota Padang. Kopi daun adalah oleh-oleh yang paling diburu di sini. Kopi ini tidak terbuat dari biji kopi, melainkan dari daun kopi. Di sinilah keunikannya, ada aroma dan rasa tersendiri saat Anda menyicipnya. Kopinya pun tidak terlalu pekat, apalagi Anda bisa meminumnya dengan batok kelapa seperti orang Minang zaman dulu. Mantap!

Selain itu, ada juga kopi Kiniko yang khas dan berbagai macam teh. Harga satu seduh kopi daun tak lebih dari Rp 10 ribu. Untuk membeli satu paketnya, tak lebih dari Rp 20 ribu. Ayo beli yang banyak kopi khas ranah Minang ini!

3. Pelataran Jam Gadang, Bukittinggi

Kalau jalan-jalan ke Bukittinggi, jangan lupa mampir ke Jam Gadang. Inilah landmark paling terkenal dari Bukittinggi, sebuah menara jam yang menjulang tinggi, tiap angkanya menggunakan angka Romawi kuno.

Di sekitar pelataran Jam Gadang, Anda bisa berburu aneka baju untuk oleh-oleh. Tak sedikit traveler yang berbelanja di sini. Baju-bajunya beragam motif dan warna, seperti gambar Jam Gadang, bertuliskan I Love Bukittinggi, hingga peta wisata di Sumatera Barat. Keren!

Harganya pun beragam tergantung ukuran, bahan, dan pintar-pintarnya Anda menawar. Kisaran harganya mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribu. Selain baju, jangan lupa beli miniatur Jam Gadang. Harganya sekitar Rp 30 ribu saja, cocok untuk Anda pajang di rumah atau meja kantor.

Itulah 3 tempat untuk berburu oleh-oleh khas Minang. Jangan lupa untuk menawar dan sisihkan bujet untuk suvenir bagi keluarga di rumah. Selamat traveling menjelajahi Sumatera Barat!

(shf/shf)
Aneka jenis camilan di Kripik Balado Shirley, Padang (Afif/detikTravel)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com