DetikTravel









Travel Highlight Bus

Banyak Terminal Bus di Jakarta, yang Mana Pilihan Anda?

Putri Rizqi Hernasari - detikTravel - Kamis, 11/04/2013 07:47 WIB
Jakarta - Kalau bandara adalah tempat awal turis naik pesawat, terminal adalah tempatnya pelancong yang liburan dengan bus. Di Jakarta, ada banyak terminal yang bisa Anda pilih sebagai lokasi awal keberangkatan. Mana saja ya?

Berada di Jakarta Selatan, Terminal Bus Lebak Bulus jadi salah satu destinasi yang ramai dan dipenuhi traveler. Ada banyak bus luar kota yang berhenti di sana, kurang lebih 40 perusahaan bus.

"Ada yang ke Pacitan, Semarang, Gresik, Yogyakarta, Malang," kata Kepala Terminal Lebak Bulus, Suarta Sebayang kepada detikTravel, Rabu (10/4/2013).

Tak hanya tujuan di Pulau Jawa, bus antarkota antarprovinsi di Terminal Lebak Bulus juga tersedia untuk tujuan di Pulau Sumatera. Beberapa di antara tujuan tersebut seperti Palembang, Medan dan Pekanbaru.

Bukan sekadar sarana untuk mempertemukan penumpang dengan bus, Terminal Lebak Bulus juga menyediakan loket yang menjual tiket bus.

"Tiket laku keras saat hari libur sekolah, hari besar, Lebaran, dimana-mana seperti itu," lanjut Suarta.

Untuk itu, agar tak kehabisan tiket, Suarta menyarankan traveler membeli tiket jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Salah seorang traveler bernama Gita mengakui kenyamanan yang diberikan Terminal Lebak Bulus.

"Kalau aku sih lebih suka dari Terminal Lebak Bulus, soalnya teratur," ujar Gita.

Dirinya yang sering traveling ke Palembang mengaku lebih mudah mendapatkan tiket bus jika membeli di Terminal Lebak Bulus.

Selain Lebak Bulus, terminal lain yang juga sering dijadikan lokasi pemberhentian bus adalah Terminal Kampung Rambutan. Terminal ini memiliki banyak trayek ke berbagai destinasi di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Rutenya sebagian besar Jawa Barat ada 23 trayek, Jawa Tengah ada 15 trayek, Sumatera ada 11, Jawa Timur 5, dan Denpasar," kata Kepala Terminal Kamppung Rambutan, Dwi Basuki.

Sama seperti Terminal Lebak Bulus, Terminal Kampung Rambutan juga diisi sekitar 40 perusahaan bus. Traveler pun bisa memesan tiket bus langsung di terminal tersebut.

Tiket-tiket ini akan begitu diburu ketika musim liburan tiba. Untuk itu, setiap musim liburan tiba, akan ada penambahan jumlah armada bus di Terminal Kampung Rambutan.

"Kalau rute favorit Jawa Barat, karena bisa dikatakan di sini lebih dari 60 persen Jawa Barat, Bandung, Cirebon, Ciamis, Garut dan Sukabumi," tambahnya.

Ada traveler yang naik lewat Terminal Kampung Rambutan, ada pula yang memilih naik dari Terminal Pulogadung dan Terminal Rawamangun di Jakarta Timur. "Aku sih biasa naik dari Rawamangun, soalnya lebih dekat dari rumah," kata traveler Kiki.

Ia memang traveler yang rutin naik bus dari Terminal Rawamangun. Biasanya, Kiki rutin pulang kampung ke Padang, Sumbar setiap Lebaran tiba dengan bus dari terminal ini.

"Menurut aku lebih teratur saja terminalnya, ada ruang tunggunya juga. Ramai," ungkap Kiki.

Di sana, lanjut Kiki, ada banyak pilihan bus yang bisa traveler tumpangi. "Kalau saya senang ke Sumatera, di sana ada banyak bus untuk dinaiki. Selain itu, untuk beli tiket langsung juga enak, teratur," jelas Kiki.

Belum selesai, masih ada satu lagi terminal bisa didatangi traveler jika ingin naik bus jarak jauh, yaitu Terminal Kalideres.

"Kalau ke Palembang suka naik bis dari Terminal Kalideres," kata Putsan.

Sama seperti terminal lain, Terminal Kalideres memiliki banyak pilihan bus tujuan luar kota. Ada bus tujuan Pulau Sumatera, ada pula bus tujuan Pulau Jawa.

"Tapi sayang di sana kondisinya masih acak-acakan, bus nya tidak teratur," tutup Putsan.

(ptr/aff)
Para penumpang bus yang naik bus dari Terminal Kampung Rambutan(Afif/detikTravel)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com