DetikTravel









Travel Highlight Bus

6 Rute Bus Paling Berbahaya di Dunia

Desi Puspasari - detikTravel - Kamis, 11/04/2013 16:26 WIB
La Paz - Perjalanan menggunakan bus memang asyik untuk menikmati perjalanan. Tapi, ada juga rute bus yang bisa buat jantung berdegup kencang. Inilah Old Yungas Road dan 5 rute bus paling berbahaya di dunia. Berani coba?

Ada rute-rute bus yang terkenal di seluruh dunia karena medannya yang ekstrem dan sangat menantang. Bus-bus yang melewati 6 rute ini pun harus super hati-hati kalau tidak, akan berujung maut. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (11/4/2013), berikut adalah 6 rute bus paling maut:

1. Old Yungas Road, Bolivia

Menurut Association for Safe International Road Travel, rute paling berbahaya di dunia adalah Old Yungas Road di Bolivia. jalannya yang berliku berada di sekitar 64 km di antara La Paz dan Kota Coroico yang melintas di hutan Yungas. Old Yungas Road menjadi rute utama dari La Paz ke utara daerah hutan hujan Amazon. Jalan di rute ini mempunyai jurang sedalam 360 meter. Jalannya pun sempit, sering terjadi longsor, berkabut, dan tidak ada pembatas di pinggir tebing yang terjal.

Sebelum pembuatan jalan yang lebih bagus di tahun 2006, setiap tahunnya jalan yang juga dijuluki sebagai Death Road ini merenggut 100-200 jiwa. Ada beberapa operator perjalanan di La Paz yang menawarkan tur sepeda di jalan ini. Inilah jalan yang cocok untuk Anda para penantang!

2. Siberian Road ke Yakutsk, Rusia

Siberian Road-Yakutsk menghubungkan Moskow dan Yakust. Wilayah ini juga menjadi tempat dengan temperatur terendah di luar Antartika. Bahayanya, saat musim dingin jalan ini akan tertutup dengan salju.

Jadi, berkendara di jalan ini saat musim dingin berarti Anda harus menaklukan tumpukan salju, es, dan jarak pandang yang terbatas. Beda lagi bila hujan mengguyur jalan ini. Traveler harus melewati kubangan lumpur. Pada saat itu ada banyak mobil yang terjebak di dalam lumpur.

3. Halsema Highway, Filipina

Halsema Highway di Filipina adalah rute sepanjang 240 km. Rute ini melintasi Central Cordillera Valley di Pulau Luzon. Tebing di rute maut yang satu ini rawan longsor dan jalannya sempit. Dikutip dari situs Arts on Earth, saat musim hujan jalan ini hampir tak bisa dilewati. Setiap tahunnya, banyak kecelakaan yang terjadi di jalan tanpa pembatas ini karena jatuh ke dalam jurang setinggi 300 meter.

4. Gillies Highway, Australia

Rute Gillies Highway menjadi buah bibir karena memiliki 200 kelokan di sepanjang 20 km. Karena bentuk jalannya itulah sering terjadi kecelakaan. Salah satu kecelakaan terburuk yang pernah terjadi, yaitu kecelakaan bus yang menewaskan 6 anak-anak. Bus yang digunakan bukanlah bus sekolah melainkan bus pada umumnya.

5. US Route 431, AS

US Route 431 berada di antara Seale dan Eufaula di Alabama, AS. Jalan yang dijuluki sebagai 'Highway to Hell' ini telah menelan banyak korban dalam kecelakaan mautnya sejak tahun 1985. Sebagai penanda lokasi kecelakaan, sebayak 37 salib berwarna putih ditempatkan di setiap sudut jalan. Pernah ada kecelakaan yang merenggut 60 nyawa anak-anak dalam kecelakaan bus sekolah.

6. Grand Trunk Road, India

Grand Trunk Road (GT) dibuat pada abad ke-16 pada masa Sher Shah Suri. Jalan ini mencakup 2.400 km dari timur Bangladesh ke barat Pakistan. GT menjadi salah satu jalan utama di India. Dari situs Top Tenz, GT dianggap berbahaya bukan karena risiko atau kondisi jalan yang rusak. Tapi, karena kemacetan lalu lintasnya. Truk, bus, sepeda, pejalan kaki, dan hewan membuat jalan ini terlalu ramai dan membuat pengguna jalan bingung.

(aff/aff)
Old Yungas Road (rockpapershotgun.com)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com