detiktravel

Ekspedisi Women Across Borneo

Gua Terpanjang di Dunia Ada di Malaysia

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Rabu, 17/04/2013 11:20 WIB
Miri - Setelah etape cycling berakhir, 7 peserta ekspedisi Women Across Borneo menjelajahi gua-gua indah di Mulu National Park, Serawak, Malaysia. Mereka menyusuri setidaknya 5 gua termasuk gua terpanjang sedunia: Clearwater Cave.

Kemarin adalah hari ke-9 ekspedisi Women Across Borneo berlangsung. Ekspedisi yang diikuti 7 peserta wanita ini digelar oleh perusahaan wisata adventure yakni Caldera. Setelah etape cycling 460 Km dari Pontianak menuju Kuching, para peserta memasuki etape kedua yakni caving atau susur gua.

Mereka tiba di Mulu National Park, Serawak, Malaysia, pada Minggu (14/4). Keesokan harinya mereka menjelajah Lang Cave dan Deer Cave. Kemarin yakni Selasa (16/4), para peserta menjajal Wind Cave dan Clearwater Cave yang disebut-sebut sebagai gua terpanjang di dunia.

Sebelum memasuki gua, para peserta berkunjung ke pasar pagi ala suku asli Malaysia yakni Penan. Penan adalah suku nomadik yang tinggal di hutan-hutan Malaysia.

"Namun karena kondisi hutan yang semakin memprihatinkan, mereka terpaksa kehilangan tempat tinggal," tutur Ketua Tim Ekspedisi Women Across Borneo, Wifka Rahma Syauki, Rabu (17/4/2013).

Setelah melihat pembuatan longhouse dari batu dan semen, mereka naik longboat menuju gua. Butuh waktu 20 menit sampai mereka tiba di anak tangga menuju Wind Cave.

"Untuk menuju mulut goa kami harus menaiki ratusan anak tangga. Sesuai namanya, di gua ini kami memang masih merasakan angin semilir yang sejuk," kata Wifka.Next


(dok. Caldera)
Halaman 12
Baca Juga
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com