DetikTravel









Travel Highlight Aceh

Mobil-mobil Mewah Bebas Seliweran di Pulau Weh

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Kamis, 18/04/2013 14:34 WIB
Sebagai pulau paling barat Indonesia, Pulau Weh punya banyak tempat wisata. Tapi selain alam yang indah, ada satu hal lain yang menarik di sini. Mobil mewah seperti BMW dan Ferrari, motor-motor Harley, seliweran di pulau ini. Kok bisa?

Saat berkunjung ke Pulau Weh akhir 2010, detikTravel melihat sendiri mobil-mobil mewah itu berseliweran di Pulau Weh. Saat kapal ferry menepi ke Pelabuhan Sabang, ada 1 mobil Mercedez-Benz S Class yang parkir di pelabuhan. Mentereng sekali bersanding dengan kapal-kapal penumpang dan muatan.

Setelah itu, mobil-mobil mewah lain tampak bertebaran di seluruh penjuru Pulau Weh. Di pemukiman penduduk, di pusat kota kecil Sabang, di pantai-pantai, di depan masjid dan warung kopi. Ada BMW, Mercedez-Benz, Ford, Jaguar, bahkan Ferrari!

Mochamad Takdis, traveler penulis buku 'Whatever I'm Backpacker' dan 'Koar-koar Backpacker Gembel' juga pernah melihat hal yang sama. Mobil-mobil mewah seliweran di berbagai penjuru Pulau Weh.

"Pertama pas nyampe pelabuhan, di pinggir jalan ada Ferrari putih berdebu. Saya nanya ke supir kok bisa ada mobil mewah begitu," tutur Mochamad Takdis yang akrab dipanggil Adis saat dihubungi detikTravel, Kamis (18/4/2013).

Lanjut Adis, si supir pun bercerita. Sabang (dan Pulau Weh secara keseluruhan) adalah zona ekonomi bebas Indonesia. Tak ada pajak di sini. Mobil-mobil mewah itu datang dari Singapura dan Malaysia.

"Si supir juga punya Land Cruiser tahun 2008. Harganya Rp 35 juta aja!" tambah Adis.

Ya, sebagai zona ekonomi bebas, tak ada pajak yang berlaku di Pulau Weh. Tulisan besar di pelabuhannya pun bertuliskan 'Pelabuhan Bebas Sabang'. Terlebih lagi di pulau ini, harga mobil-mobil itu sangatlah murah dan pasti membuat mulut kita menganga.

"Harga Rp 35 juta dari Land Cruiser punya si supir itu, harga aslinya Rp 5 juta saja. Rp 30 jutanya buat ongkos bawa mobil dari Singapura ke Sabang," kata Adis.

Roma, Public Relations Komunitas 'I Love Aceh' berkata, harga mobil di Pulau Weh bisa sampai seperempat harga di pasaran. detikTravel memang pernah bertanya kepada salah satu supir angkutan di Pulau Weh tentang harga mobil Jaguar. Tebak berapa?

"Rp 40-100 juta saja. Tak berbeda jauh dengan harga mobil Mercedez-Benz S Class," jawab Roma.

Menggiurkan bukan? Tapi, haram hukumnya bagi pemilik mobil berplat X itu untuk membawa kendaraannya ke luar Pulau Weh. Anda harus membayar bea cukai mobil mewah sebesar 40% dari harga asli plus pajak.

"Tapi di sana tanda mobil itu dari luar, di bagian plat nomornya tertera huruf X," jelas Adis.

Tapi selama liburan di pulau ini, nikmatilah fasilitas mobil-mobil mewah ini. Tak jarang penduduk setempat menyewakan mobilnya, atau mejadi supir mobil carteran bagi wisatawan. Anda bisa mengelilingi Pulau Weh naik BMW, Ferrari, atau Jaguar!

"Harga sewanya sehari Rp 200.000-an. Bisa pakai supir juga, tinggal tambah harga sesuai kesepakatan," tambah Roma.

(ptr/fay)
Toyota keluaran lama maupun baru dijual dengan harga sangat murah (Deden Gunawan/ detikFoto)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com