Travel Highlight Aceh

Kisah Tragis Putri Aceh Dikutuk Jadi Batu di Gua Pukes

Putri Rizqi Hernasari - detikTravel - Kamis, 18/04/2013 15:00 WIB
Takengon - Liburan ke Aceh jangan hanya main ke pantai atau Kota Banda Aceh, cobalah mampir ke Gua Loyang Pukes di Aceh Tengah. Selain berisi stalagtit, gua ini juga menyimpan batu yang konon adalah putri Aceh yang dikutuk.

"Gua Putri Pukes lokasinya di Kota Takengon. Dari pusat kota sekitar 10-15 menit," jelas salah satu anggota komunitas I Love Aceh, Danurfan kepada detikTravel, Rabu (17/4/2013).

Gua Loyang Pukes lebih tepatnya berada di Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh tengah. Menurut Danurfan, gua ini berada di pinggiran Danau Laut Tawar. Untuk masuk ke dalam, wisatawan yang datang akan disambut oleh pemandu wisata setempat.

"Satu orang bisa bayar Rp 5.000/orang. Nanti begitu datang, wisatawan langsung diantar guide. Jadi masuk tidak sendiri," tambah Danurfan.

Begitu tiba di lokasi, setiap traveler langsung disambut dengan tulisan "Putri Pukes, Manusia Jadi Batu". Tidak salah memang tulisan ini. Jika masuk ke dalam, Anda akan menemukan batu mirip manusia.

Menurut masyarakat sekitar, batu ini adalah seorang putri Aceh bernama Putri Pukes yang dikutuk ibunya. Ada dua versi mengenai asal-usul batu tersebut.

"Kalau ceritanya dulu ada pernikahan. Kemudian tiba-tiba ada perubahan cuaca. Kumpulan orang-orang yang ingin datang ke pernikahan masuk ke dalam gua. Katanya mereka tidak bisa keluar," jelas Danurfan.Next

Halaman 123


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com