Ekspedisi Women Across Borneo

Pembantaian Berdarah di Kuburan Massal Mandor

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Kamis, 18/04/2013 19:26 WIB
Landak - Banyak turis akan berlalu begitu saja saat melihat gapura Makam Juang Mandor di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Padahal, ini adalah kuburan massal yang menyimpan kisah kekejaman tentara Jepang di Indonesia.

Pak Anto, supir ekspedisi Women Across Borneo mengangkat alis saat saya meminta mobil putar balik di Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, Kalbar. Celetukannya soal "kuburan massal" saat melewati gapura berwarna kuning-hijau itu membuat saya penasaran. Pak Anto yang asli Pontianak itu mengaku belum pernah masuk ke dalamnya.

"Serem banget. Waktu itu (tayangan) Dunia Lain pernah syuting di sini, pada nggak tahan karena banyak banget (mahluk halusnya)," tuturnya cepat.

Tak lama setelah mobil melewati gapura, saya dihadapkan pada sebuah kompleks monumen. Gerbangnya digembok, rumput hijau tumbuh liar di berbagai tempat. Beralih ke relief yang memanjang di temboknya, seketika saya diam.

Relief itu bergambar tentara-tentara Jepang sedang menyiksa pribumi. Mereka memegang senapan dan samurai, tampak berteriak kepada gambar pribumi bermuka sayu dan pasrah. Pribumi itu ada yang laki-laki, perempuan, sosok berkacamata, dan orang Tionghoa yang terlihat dari bajunya yang berbeda.

Pak Anto menunjuk ke arah gerbang masuk di sisi monumen. Dekat gerbang masuknya terdapat papan usang bertuliskan 'Pelayanan Informasi Pariwisata', mengacu pada bangunan kosong tak terawat di belakangnya. Tak ada tanda-tanda kehidupan di sana. Ya ampun... Lalu dari mana saya bisa mendapat informasi soal makam ini?

Mobil melaju di jalan aspal yang hanya cukup untuk 1 mobil. Tapi jangankan mobil, manusia pun tak ada yang lewat. Tak jauh dari pintu gerbang saya melewati lapangan berpasir yang cukup luas. Suasana mulai mencekam, padahal pada Selasa (9/4/2013) itu masih pukul 13.00 WIB.Next

Promo tiket ke Alor Setar mulai dari Rp. 1.178.000

Salah satu kuburan massal di Makam Juang Mandor (Sastri/ detikTravel)
Halaman 123
Baca Juga

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Phuket Rp. 993.401 PILIH
Jakarta Manado Rp. 1.051.500 PILIH

Powered by
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com