Sesar Semangko di Tanah Suoh

Jejak Petualang TRANS7 - d'Traveler - Senin, 22/04/2013 13:51:35 WIB
detikTravel Community -  

Sesar Semangko bermula dari Aceh hingga Selat Sunda. Struktur patahannya aktif bergerak 15 sampai 30 sentimeter setiap tahun. Struktur tanah yang terdiri dari endapan aluvial sungai dan endapan gunung api belum terknoosolidasi sehingga membuat setiap getaran yang diakibatkan oleh gesekan atau gempa bumi selalu terasa.

Berjarak 250 kilometer dari Bandar Lampung, Suoh menjadi perkampungan yang paling dekat dengan jalur patahan semangko. Walau pernah porak poranda tahun 1926, Suoh tetap ada. Walaupun medan yang harus dilewati untuk menuju kampung ini tidaklah mudah.

Dengan akses yang jauh dari ibukota, warga Suoh harus mengusahakan kehidupan mereka dengan sebaik-baiknya, salah satunya membangun turbin pembangkit listrik dan generator sebagai sumber listrik untuk mengolah cokelat dan kopi.

Tak hanya itu, hasil bumi yang melimpah berupa labu siam juga dimanfaatkan hingga ke limbahnya. Ingin tau diolah menjadi apa? Saksikan selengkapnya di Jejak Petualang episode Sesar Semangko di Tanah Suoh, Selasa ( 23/4/2013), pukul 15.45 atau kunjungi situs mytrans.com untuk live streaming dan melihat koleksi video Jejak Petualang lainnya.

 

 

 

 



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com