Yang Unik di Aceh, Ini Danau atau Laut?

Afif Farhan - detikTravel - Selasa, 30/04/2013 08:13 WIB
Takengon - Ada satu keunikan yang bisa traveler lihat di Takengon, Aceh. Di sana ada suatu danau yang sangat luas dan memiliki permukaan air yang sangat tenang. Tak heran, masyarakat menamakannya sebagai Danau Laut Tawar. Mau lihat?

Tak hanya soal sejarah atau kebudayaan, Aceh juga punya kekayaan alam yang melimpah. Selain Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh pun punya Danau Laut Tawar yang terkenal. Danau ini terkenal karena luasnya yang bagaikan lautan!

Dari situs resmi pariwisata Indonesia yang dikunjungi detikTravel, Selasa (30/4/2013), Danau Laut tawar terletak di sebelah timur Kota Takengon, Kabupaten Aceh. Danau ini memiliki luas sekitar 5.000 hektar. Inilah danau terluas di Provinsi Aceh.

Siapa pun yang melihat danau ini pasti langsung takjub. Hamparan air yang biru dan tenang menyambut kedatangan traveler setibanya di sana. Tak hanya itu, di tepian-tepian danaunya terlihat perbukitan hijau yang tinggi. Keren!

Bagi Anda yang gemar fotografi, keluarkanlah kamera. Potretlah tiap sudut dari kecantikan danau ini. Perpaduan bukit yang hijau dan air yang bir menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi awan-awan yang menyelimuti kabutnya. Sempurna!

Udara di Danau Laut Tawar cukup dingin. Tak heran, Takengon sendiri berada di wilayah dataran tinggi. Siapkan jaket Anda atau penghangat lainnya untuk menghangatkan badan.

Puas memotret, kini saatnya menjelajahi Danau Laut Tawar. Anda bisa mencoba naik perahu karet atau perahu boat untuk menjelajahi sebagian Danau Laut Tawar. Biayanya sekitar Rp 15-25 ribu per orang. Tergantung bagaimana Anda menawarnya.

Satu lagi yang harus Anda lakukan saat berkunjung ke Danau Laut Tawar adalah mencicipi ikan depik. Bentuknya kecil, tapi rasanya dijamin bikin ketagihan. Inilah ikan yang hanya dapat Anda temukan di Danau Laut Tawar saja.

Jika seharian tak cukup menikmati Danau Laut Tawar, ada beberapa penginapan tak jauh dari danau yang dapat Anda tempati. Pagi sampai siang hari, dijamin tidak akan bosan saat melancong ke Danau Laut Tawar ini.



Wisatawan cilik yang sedang duduk di tepian danau (dok Istimewa/Syella Heswita)
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com