DetikTravel









20 Situs Warisan Dunia yang Paling Indah

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Selasa, 30/04/2013 16:48 WIB
Siem Reap - Sampai saat ini, ada 962 Situs Warisan Dunia yang disahkan UNESCO. Ratusan tempat spektakuler itu tersebar di berbagai belahan dunia, dari alam sampai peninggalan sejarah. Berikut 20 situs yang paling indah versi CNN.

Baru-baru ini, agen perjalanan VeryFirstTo.com meluncurkan liburan termahal di dunia senilai Rp 15 miliar untuk 2 orang per paket. Betapa tidak, traveler akan menghabiskan waktu 2 tahun untuk mengunjungi lebih dari 150 negara. Sudah ada 2 orang yang mendaftar, salah satunya mahasiswa asal China. Khusus trip ini, mereka akan mengunjungi seluruh Situs Warisan Dunia UNESCO yang berjumlah 962.

Tapi kalau Anda merasa 'ciut' untuk ikut liburan termahal di dunia itu, datangi saja beberapa Situs Warisan Dunia. CNN Travel pada Selasa (30/4/2013) merangkum 20 Situs Warisan Dunia UNESCO yang terindah.

20 Tempat tersebut berada di berbagai belahan dunia mulai dari Asia Tenggara, Asia Selatan, Australia, Eropa, AS, dan Amerika Selatan. Di Asia Tenggara ada Angkor di Kamboja dan Bagan di Myanmar.

Angkor yang berlokasi di dekat Siam Reap tersohor oleh reruntuhan Kerajaan Khmer peninggalan abad 9-15. Sementara Myanmar, berhubung telah membuka pintu pariwisatanya, langsung memunculkan nama Bagan sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Bagan yang berada di dekat Sungai Irrawady punya lebih dari 2.500 kuil Buddha peninggalan abad ke-10.

Biologis ternama Charles Darwin pernah menyebut Kepulauan Galapagos sebagai "a little world within itself". Alasan wisatawan berkunjung ke Situs Warisan Dunia yang satu ini, tak lain adalah karena spesies endemiknya yang tak berubah selama ratusan tahun.

Great Barrier Reef di Australia juga masuk dalam daftar tersebut. Ini adalah kumpulan terumbu karang terbesar sedunia, yang bahkan bisa terlihat dari luar angkasa! Keindahannya tak bisa dipandang sebelah mata. Biota lautnya juga menjadi salah satu yang terkaya di dunia.

Kalau Anda merasa Taj Mahal di Agra terlalu 'touristy', cobalah berkunjung ke Hampi di India. Ini juga masuk dalam daftar 20 Situs Warisan Dunia terindah versi CNN. Hampi adalah kompleks bangunan bekas ibukota Kerajaan Hindu Vijayanagara, peninggalan abad ke-14.

Untuk melihat kekayaan arsitektur bangunan di dunia, Mont-Saint-Michel di Prancis adalah Situs Warisan Dunia yang patut didatangi. Kastil bergaya gothik ini menempati satu pulau kecil, dan bertahan sejak dibangun pada abad ke-11.

Selain beberapa tempat tersebut, beberapa Situs Warisan Dunia yang masuk dalam daftar adalah Acropolis (Yunani), Goreme National Park dan Cappadocia (Turki), Iguazu National Park (Brazil-Argentina), dan Macchu Picchu (Peru). Ada juga Rapa Nui, patung-patung raksasa misterius yang tersebar di Pulau Paskah.

Berikut 20 Situs Warisan Dunia Terindah di Dunia versi CNN:


1. Angkor, Kamboja
2. Acropolis, Yunani
3. Bagan, Myanmar
4. Kepulauan Galapagos, Ecuador
5. Goreme National Park dan Cappadocia, Turki
6. Great Barrier Reef, Australia
7. Hampi, India
8. Iguazu National Park, Brazil-Argentina
9. Los Glaciares National Park, Argentina
10. Machu Picchu, Peru
11. Mont-Saint-Michel, Prancis
12. Petra, Yordania
13. Piramida Giza, Mesir
14. Rapa Nui, Chile
15. Serengeti National Park, Tanzania
16. Sigiriya, Sri Lanka
17. Tulum, Meksiko
18. Valletta, Malta
19. Venesia, Italia
10. Yellowstone National Park, AS

(sst/sst)
Angkor Wat, Kamboja (Endah TriUtami/ dTraveler)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com