DetikTravel









Travel Highlight Kuburan

Uji Nyali di Kuburan Jeruk Purut, Siapa Berani?

Afif Farhan - detikTravel - Kamis, 02/05/2013 08:31 WIB
Siapa tak kenal kuburan Jeruk Purut? Inilah kuburan yang disebut-sebut paling seram di Jakarta dengan aneka kisah hantunya. Namun, tak sedikit orang yang datang untuk uji nyali di sana.

Wisata ziarah ke pemakaman biasanya memiliki aspek religi atau sejarah. Namun, ada kuburan yang didatangi traveler karena memang mengerikan. Kunjungan ke sana malah dianggap uji nyali. Di Jakarta, kuburan yang dianggap angker adalah Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut.

"Jeruk Purut ini adalah kuburan yang paling seram se-Jakarta. Saya sudah ke kuburan lainnya di Jakarta, seperti Taman Kusir, Karet, Menteng, tapi yang paling seram ya di sini," kata kuncen TPU Jeruk Purut Eko Santoso kepada detikTravel saat berkeliling Jeruk Purut, Selasa malam (30/4/2013).

detikTravel datang dan langsung menjelajahi Jeruk Purut bersama kuncen yang akrab dipanggil Babe Oo'k. Dia pun mengajak berkeliling kuburan Jeruk Purut dan bercerita banyak tentang aneka kisah uji nyali wisatawan lokal di sini. Babe Oo'k sudah menjaga Jeruk Purut sejak tahun 1990.

"Di sini ada empat tempat seram yang biasa dijadiin tempat uji nyali, di pohon kembar, sumur, pohon benda, dan makam keramat. Paling kuat biasanya 10 menit, tapi ada yang baru saya tinggal sudah lari-larian," kata Babe Oo'k sambil tertawa.

Empat tempat seram tersebut suasanya sangat gelap. Entah apa alasannya, memang banyak orang terutama anak muda yang nekat menguji nyali di sini, biasanya paling sedikit tiga orang.

Bagi para pemula, Babe Oo'k akan mengajak ke pohon kembar atau sumur. Di sini diyakini ada genderuwo yang badannya hitam dan tinggi besar. Menurut Babe Oo'k, jika tiba-tiba mencium bau bangkai itu artinya genduruwo ada di dekat Anda.

"Bau bangkai itu genderuwo, bau melati itu kuntilanak, dan bau amis menyengat itu pocong," papar Babe Oo'k ketika kami mendadak mencium bau bangkai.

Setelah itu, Babe Oo'k mengajak ke pohon benda yang dianggapnya paling seram. Pohon benda sangat tinggi dan besar. Di pohon benda ini menurut dia ada kuntilanak, gunderuwo, dan masih banyak lagi. Konon, pohon benda ini menyimpan benda keramat.

"Dulu ada yang coba-coba nyari benda keramat di sini tanpa sepengetahuan saya. Habis itu, orangnya muntah darah. Darahnya kentel banget dan abis itu darahnya yang bercecer di tanah dijilat kuntilanak, ada yang melihatnya juga selain saya," ungkap Babe Oo'k.

Lalu, tempat seram berikutnya adalah makam keramat. Di dekat makam inilah biasanya wisatawan yang uji nyali melihat sosok pastur tanpa kepala. Menurut Babe oo'k, tidak jelas mengapa tiba-tiba pastur tanpa kepala tersebut muncul di Jeruk Purut.

"Pastur tanpa kepala itu biasanya membawa anjing. Anjingnya gede dan matanya merah. Kalau misalnya denger suara anjing yang mengongong sekali, mendingan cepet-cepet kabur. Itu anjing dia," kata Babe Oo'k.

Penampakan lain yang bisa dilihat di sini adalah kuntilanak merah, kuntilanak hitam, pocong, tuyul, dan yang paling seram adalah iblis di pohon beringin. Babe Oo'k tak berani menaruh peserta uji nyali di pohon beringin tersebut.

"Di pohon beringin itu ada iblis. Dia besar dan penuh rantai, kalau dengar suara rantai langsung kabur dah. Nantangin dia sama aja nantangin maut. Pernah ada yang kurang ajar di situ, terus ditabok sama iblis dan sampai sekarang mulutnya ga balik lagi," tegas Babe Oo'k.

Masih banyak kisah peserta uji nyali yang diceritakan Babe Oo'k. Meski begitu, Babe Oo'k selalu memberikan nasihat dan larangan sebelum orang-orang memulai uji nyali. Keamanan dan keselamatan di Jeruk Purut adalah tanggung jawab Babe Oo'k.

"Pasti saya suruh jangan bengong dan jangan mikir macam-macam. Kalau ketemu, sudah diam saja dan jalan pelan-pelan buat kabur dari situ. Banyak yang tidak nurut sama saya, akhirnya mereka ngerasain sendiri. Biasanya banyak yang kesurupan atau mukanya jadi pucet banget," ujarnya.

Sayang, malam itu tidak ada pengunjung yang bisa diwawancarai. Menurut Babe, TPU Jeruk Purut paling ramai dengan wisatawan dadakan ini pada malam Minggu. Mereka menguji nyali pukul 23.00 WIB sampai menjelang subuh.

"Paling ramai itu malam Minggu. Biasanya kebanyakan anak muda yang setelah nongkrong di Kemang terus ke sini. Ramai banget, parkiran penuh, sampai-sampai kuburannya tak kelihatan gara-gara banyak orang," papar Babe Oo'k.

Ingat, kuncen di sini adalah hanya Babe Oo'k, yang lain kuncen gadungan yang tidak bertanggung jawab dengan keselamatan pengunjung. Anda bisa bertanya kepada masyarakat setempat untuk bertemu Babe Oo'k. Rumah Babe Oo'k pun tak jauh dari kuburan Jeruk Purut.

"Paling parah itu ya kesurupan. Kalau cuma kemasukan satu jin, saya kuat. Tapi kalau tiga, ngeluarinnya lama bisa sampai 3 hari. Kemarin ada cewek kesurupan, dia ngeluarin suara kuda terus nendang saya sampai mental. Padahal ceweknya kurus," kata Babe Oo'k mengakhiri obrolan di malam larut itu.


(aff/aff)
Pohon beringin yang diyakini sangat angker (Afif/detikravel)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com