DetikTravel









Travel Highlight Kuburan

Ya Ampun, Makam Julius Caesar Begini Amat!

Fitraya Ramadhanny - detikTravel - Kamis, 02/05/2013 14:10 WIB
Julius Caesar adalah kaisar paling mahsyur dari imperium Romawi kuno. Kekuasaannya membentang ke seluruh Eropa sampai Afrika Utara. Makam sang kaisar sungguh di luar dugaan. Dekil, kumal dan separuh hancur.

Jangan bandingkan makam Julius Caesar dengan makam Kaisar China Shi Huang Ti yang besar dan megah dengan patung terakota. Makam Caesar jauh lebih kecil dan lebih sederhana.

Wisatawan bisa berziarah ke makam Julius Caesar di Roma, Italia. detikTravel pernah mampir ke tempat ini beberapa waktu lalu.

Makam Julius Caesar terletak di reruntuhan kota kuno Roma yang disebut Roman Forum. Ini adalah reruntuhan kota kuno yang dahulu berdiri megah mulai dari istana, gedung para senator, kuil-kuil, pasar dan taman cantik.

Nah, dari salah satu reruntuhan kuil itu adalah Tempio di Giulio Cesare. Ini adalah kuil yang berisi makam Julius Caesar.

Yang perlu diperhatikan wisatawan adalah, Julius Caesar tidak dimakamkan dalam peti mati. Julius Caesar dikremasikan di dalam kuil yang menjadi makamnya ini.

Nah, apakah yang tersisa hari ini? Pantauan detikTravel saat itu, makam Julius Caesar tidak tampil dominan di antara reruntuhan bangunan kuno lain. Berada di tengah kota kuno Roma, makam ini tidak berdiri megah. Hanya sebuah tembok keliling yang agak hancur.

Satu-satunya petunjuk bahwa tempat itu penting adalah atap yang menaungi tempat itu. Di bawah atap, tepat di belakang sebuah cerukan, itulah makam sang kaisar Romawi.

Tidak ada ukiran, tidak ada ornamen emas, tidak ada apapun yang menunjukan kemewahan tempat ini. Hanya ada sebuah gundukan makam dengan aneka taburan bunga di atasnya, pemberian wisatawan. Gundukan ini dulunya altar tempat jenazah Caesar dikremasi.

Turis agak kesulitan berfoto di ceruk sempit ini. Semua bergantian mengambil gambar dengan sudut yang terbatas, kalau turis ini ingin berfoto dengan latar makam Julius Caesar.

Walaupun makam Julius Caesar rasanya nggak banget untuk ukuran pemimpin dunia saat itu, Roman Forum secara umum asyik untuk dinikmati suasananya. Wisatawan umumnya membayangkan bagaimana suasana 2.000 tahun lalu saat Romawi di zaman keemasannya.

Untuk mencapai tempat ini sangat mudah. Wisatawan tinggal naik kereta bawah tanah Metropolitana dan turun di Stasiun Colosseo. Tiket Roman Forum sepaket dengan Colosseum yaitu 12 Euro atau sekitar Rp 152 ribu.

(fay/aff)
Makam Julius Caesar sempit, turis bergantian memfoto (Fitraya/detikTravel)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com