detiktravel

Laporan dari China

Terkesima Tarian Modern China di Shenzhen

Susetyo Dwi Prihadi - d'traveler - Senin, 06/05/2013 14:45 WIB
Shenzen - Bila sedang berada di China atau Hong Kong, mampirlah sejenak di Kota Shenzhen. Karena di kota industri tersebut, ada pertunjukan tarian China yang dikemas secara modern. Layak ditonton!

Shenzhen sebetulnya lebih mirip Silicon Valley yang ada di Amerika Serikat. Di kota ini terdapat banyak pabrik dan perusahaan besar berbasis teknologi. Tapi, Shenzen sekaligus merupakan pusat wisata dan budaya. Salah satu atraksinya yakni pertunjukan tarian China.

detikTravel berkesempatan menikmati dua pertunjukan tari di dua tempat yang berbeda. Tempat pertama yang dikunjungi adalah Splendid China, tak jauh dari pusat Kota Shenzhen. Di kawasan ini terdapat sebuah gedung pertunjukan. Setiap pukul 17.00 waktu setempat, tarian ditampilkan di sini.

Pada pembukaannya, MC akan membuka pertunjukan menggunakan bahasa China tanpa diterjemahkan ke bahasa Inggris. Anda yang tidak paham bahasa China mungkin hanya bisa menyaksikan pertunjukan tanpa mengerti maksud perkataannya.

Tarian pertama dibuka oleh seorang wanita yang mengenakan baju khas China yang dimodifikasi sedemikian rupa, menari merak putih. Sungguh cantik. Selanjutnya ada semacam selingan lawakan ala China yang melibatkan penonton. Apabila traveler dipilih secara acak ke atas panggung, sebaiknya berhati-hati karena ditawarkan arak putih.

Meski banyak traveler kurang mengerti makna yang ditampilkan karena keterbatasan bahasa, namun pada intinya tarian ini menampilkan kekayaan budaya dan kemolekan wanita China. Ya, China adalah negara yang sangat luas dan berbatasan dengan berbagai negara. Hal itu membuat karakteristik wajah wanitanya berbeda satu sama lain. Jangan kaget kalau nanti melihat wanita bermata sipit tapi berwajah Arab, bahkan bule.

Selain di Splindid China, pertunjukan tarian yang tak kalah menarik berada di kawasan OCT East. Bedanya, di sini traveler akan mendapatkan terjemahan dari bahasa Mandarin ke Inggris. Penonton juga akan dibuat terkesima dengan perpaduan tarian dengan efek teknologi 3D dan cahaya laser.

Pertunjukan tarian di OCT East memang tak melulu tarian yang menampilkan pakaian daerah, namun juga beberapa tarian ala barat seperti balet. Bila Anda berada di China atau mungkin di Hong Kong, bisa meluangkan waktu untuk menyaksikan pertunjukan ini.
Para penari meliuk berlatar Buddha (Susetyo/ detikTravel)
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com