DetikTravel









Berjuang Berburu Tiket Kereta Mudik Lebaran

Faela Shafa - detikTravel - Selasa, 07/05/2013 16:09 WIB
Jakarta - PT Kereta Api Indonesia mengumumkan kalau ternyata tiket kereta H-4 Lebaran telah habis terjual. Traveler pun jungkir balik berburu tiket mudik Lebaran. Bagaimana dengan Anda?

Tiket perjalanan kereta api bisa dipesan sejak H-90 kepergian. Ini memudahkan perencanaaan perjalanan liburan maupun pulang kampung. Meski masih bulan Agustus mendatang, namun tiket kereta H-4 Lebaran sudah habis. Keadaan ini pun disadari banyak traveler.

Salah satu yang menyadarinya adalah Suwarto, traveler asli Boyolali yang bekerja di Jakarta. Menurutnya, ia sudah mengetahui tiket kereta api sudah habis.

"Jadinya mudik pakai pesawat. Harganya relatif tidak terlalu jauh berbeda dibanding naik kereta, mungkin beda sekitar Rp 100-200 ribu saja, tapi lebih nyaman dari pada kereta," ujarnya yang terdengar pasrah saat mendapat kabar seperti itu.

Dalam obrolan dengan detikTravel, Selasa (7/5/2013) Suwarto kini fokus berburu tiket kereta balik dari kampung halaman. Dia berencana membeli tiket tanggal 13 Mei 2013 untuk keberangkatan 12 Agustus 2013 nanti.

"Rencananya mau beli online nanti pas H-90. Bikin reminder di ponsel supaya tidak lupa," tutupnya.

Beda lagi dengan traveler bernama Fitri yang mudik ke Yogyakarta. Ia sengaja memesan tepat saat H-90 untuk kepulangan tanggal 2 Agustus mendatang. Wanita berumur 25 tahun ini rela tidak tidur hingga larut malam agar bisa memesan tiket tepat pada pergantian hari.

"Hari Jumat (3/5) kemarin sengaja pesan pas pukul 24.00 WIB via online," ujarnya.

Karena tergolong sangat cepat, Fitri pun masih bisa mendapat tiket kereta pilihannya yaitu Taksaka malam. Namun naas, saat ia ingin ganti nomor kursi, situs PTKAI pun error dan saat berhasil masuk kembali, tiket sudah ludes terjual.

Mau tidak mau ia memesan kereta berbeda, kali ini Argo Lawu. Sayangnya, kereta yang satu itu juga sudah habis. Demi bisa kembali ke kampung halaman, ia pun rela naik kereta Bima yang jurusan Jakarta-Surabaya.

"Rencananya sampai di Yogya pukul 01.00 WIB, jadi mungkin sahur dulu di stasiun," tuturnya sambil terkekeh.

Tidak jauh berbeda dengan Fitri, Merry juga harus sigap dalam memesan tiket pulang. Traveler asal Tegal yang berdomisili di Jakarta ini langsung memesan tiket Cirebon Ekspress untuk pulang tepat pada H-90. Ia memesan tiket pada tanggal 4 Mei 2013 untuk kepulangan tanggal 2 Agustus 2013.

"Via online nggak bisa, error, padahal biasanya bisa. Tiba-tiba via telepon bisa. Setelah beberapa kali usaha menelepon, akhirnya bisa dibooking," ujarnya dengan suara lega.

Tidak tanggung-tanggung, wanita yang senang traveling ke gunung ini memesan tiket pada pukul 05.30 WIB pagi. Menurut Merry, perihal kepulangan saat Lebaran ini butuh perhatian khusus apalagi jika pulang dengan menggunakan kereta.

"Apalagi kalau tujuannya terkenal seperti Yogyakarta, harus benar-benar siap dari jauh-jauh hari," tutupnya.

Bagaimana perjuangan Anda berburu tiket mudik Lebaran? Ceritakan kisah Anda ke redaksi@detik.travel.

(shf/shf)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com