Nongkrong Malam Hari di Cirebon, Jl Kartini Tempatnya

AN Uyung Pramudiarja - d'traveler - Selasa, 07/05/2013 17:25 WIB
Cirebon - Kalau melewatkan malam di Cirebon dalam akhir pekan panjang kali ini, ada tempat nongkrong yang asyik. Anak muda Cirebon berkumpul di sepanjang Jl Kartini ditemani aneka lapak makanan kaki lima. Ayo bergabung!

Sebagai kota transit, Cirebon sangat padat di siang hari tapi juga terkenal senyap di malam hari. Namun bukan berarti di kota kecil ini tidak ada tempat sama sekali bagi manusia malam yang doyan kelayapan sampai pagi. Saat mata tidak mau terpejam, langkahkan saja kaki ke Jalan Kartini.

Bagi yang baru tiba di Cirebon pada malam hari, tidak sulit untuk menemukan Jalan Kartini. Dari Stasiun KA Kejaksan Cirebon, naik saja becak atau ojek ke arah Alun-alun Kejaksan.

Sesampainya di Perempatan Kejaksan, tinggal belok kanan maka deretan pedagang kaki lima akan setia menunggu hingga tengah malam. Inilah ruas Jalan Kartini, salah satu dari sedikit pusat keramaian malam di Kota Cirebon.

Saat detikTravel mengalami susah tidur akibat gerahnya udara malam di pesisir Pantura, maka ruas jalan ini pula yang akhirnya menjadi pelarian. Sumur Kartini alias Susu Murni di Jalan Kartini milik Pak Oban Sobar cukup memuaskan dahaga dengan sajian Es Sumur Strawberry di warung tenda kaki lima yang malam itu penuh sesak dipadati muda-mudi.

Sebenarnya tidak ada yang terlalu unik selain soal penamaan menunya, tetapi pengunjungnya memang cukup ramai dibanding warung lain di sekitarnya. Selain menyajikan Sumur alias Susu Murni, warung Pak Oban Sobar ini juga menyajikan mie instant yang dimodifikasi cara masaknya hingga memiliki tingkat kepedasan level 3 hingga 7. Selebihnya, hanya karena buka sampai tengah malam sajalah yang membuatnya patut diperhitungkan mengingat tak banyak tempat nongkrong tengah malam di Cirebon.

Di seberang Sumur Kartini Pak Oban Sobar, ada juga restoran franchise 24 jam dari ayam sampai burger, serta pizza yang tentunya bukan khas Cirebon. Ada pula deretan minimarket yang kebanyakan juga buka sepanjang malam. Kalau hanya untuk mencari tempat nongkrong saat tidak bisa tidur, bolehlah disinggahi sebentar untuk sekedar beli minuman dingin.Next

Promo tiket ke Bali mulai dari Rp. 525.701

Aneka lapak makanan kaki lima di Jl Kartini, Cirebon (Uyung/detikTravel)
Halaman 12

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Penang Rp. 840.400 PILIH
Jakarta Melbourne Rp. 3.481.280 PILIH

Powered by
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com