Lukisan Prabu Siliwangi di Cirebon Bisa Melirik?

AN Uyung Pramudiarja - d'traveler - Rabu, 08/05/2013 16:10 WIB
Cirebon - Keraton Kasepuhan di Cirebon adalah destinasi yang cocok dikunjungi akhir pekan panjang kali ini. Museum Keraton Kasepuhan tidak hanya punya ukiran Kamasutra, tapi juga lukisan Prabu Siliwangi yang konon matanya bisa melirik. Penasaran?

Salah satu koleksi museum di Keraton Kasepuhan adalah lukisan Prabu Siliwangi, leluhur para raja di Cirebon. Dengan embel-embel sebagai 'lukisan hidup' yang diberikan oleh para pemandu wisata, ada sedikit aura mistik dari lukisan karya seniman Jawa Barat itu.

detikTravel berkunjung ke tempat ini pada Selasa (7/5/2013). Menurut para pemandu, ada 3 misteri dari lukisan karya seniman bernama Riho ini. Pertama, mata Prabu Siliwangi bisa mengikuti pergerakan pengunjung saat bergeser dari sisi kiri ke kanan lukisan atau sebaliknya.

Keanehan kedua adalah posisi kaki dan sandalnya, yang juga bisa berubah posisi mengikuti pergerakan pengunjung yang melihatnya. Terakhir, adalah ekspresi Prabu Siliwangi yang terkesan garang jika dilihat dari depan tetapi tampak ramah dilihat dari samping.

Para pemandu juga membumbui keanehan tersebut dengan kisah-kisah spiritual yang melatarbelakangi pembuatan lukisan yang dibuat tahun 2004 tersebut. Dikisahkan, lukisan ini dibuat hanya berdasarkan mimpi sang seniman karena tidak ada literatur yang menggambarkan secara detil penampakan wajah Prabu Siliwangi yang sebenarnya.

Dipadu dengan kisah-kisah tentang Prabu Siliwangi yang selalu beraroma mistik, lukisan ini pun menjadi semakin misterius. Banyak cerita yang juga dikuatkan lagi oleh para pemandu, yang mengisahkan Prabu Siliwangi tidak pernah meninggal melainkan hilang secara gaib alias moksa.

Banyak pengunjung yang penasaran dengan keanehan 'lukisan hidup' ini, lalu bolak-balik pindah posisi di depan lukisan. Bahkan tidak sedikit yang rela jongkok dan miring-miring untuk membuktikan bahwa mata dan kakinya benar-benar bergerak mengikuti pergerakan pengunjung. Sebenarnya apa yang membuat lukisan ini 'hidup'?Next

Promo tiket ke Surabaya mulai dari Rp. 445.700

Lukisan Prabu Siliwangi dipercaya matanya bisa melirik (Uyung/detikTravel)
Halaman 12

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Balikpapan Rp. 580.201 PILIH
Jakarta Medan Rp. 668.031 PILIH

Powered by
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com