detiktravel

Pertama di Indonesia, Bandara Kuala Namu Bisa Menampung Pesawat A380

Zulfi Suhendra - d'traveler - Senin, 13/05/2013 15:51 WIB
Jakarta - Ada kabar gembira bagi traveler. Bandara Kuala Namu di Deli Serdang, Sumut mampu menampung pesawat jumbo Airbus A380. Artinya inilah pertama kalinya di Indonesia, bandara dapat menampung pesawar terbesar di dunia tersebut.

Pesawat Airbus A380 merupakan pesawat terbesar di dunia. Pesawat ini mampu menampung sekitar 850 orang dan memiliki dua tingkat yang luas. Anda yang terbang pun dijanjikan kemewahan dan kenyamanan. Jika pesawat ini mendarat di Indonesia, maka Kuala Namu menjadi bandara pertama yang mampu menampung pesawat tersebut.

Hal itu dikemukakan oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono saat ditemui di Kantor BPSDM Kementerian Perhubungan, Jalam Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2013).

"Sementara ini, iya Bandara Kuala Namu (yang pertama)," kata Bambang.

Dikatakan Bambang, secara teknis Bandara Kuala Namu memiliki teknologi dan infrastruktur yang lebih canggih dibanding bandara lain, sehingga dapat menampung pesawat Airbus A380. Namun menurutnya, belum dapat diputuskan apakah pemerintah akan membuat regulasi khusus bagi bandara ini.

"Secara teknis iya, bisa. Tapi apakah kita memutuskan untuk menerima A380 atau tidak, itu belum diputuskan," lanjutnya.

Bambang mengatakan, sebuah maskapai penerbangan asing pun sempat mendaratkan pesawat A380-nya di Bandara Soekarno-Hatta, namun hanya sebatas mendarat. Sebab, infrastruktur yang ada di Bandara Soekarno Hatta tidak cukup mampu untuk menampung pesawat ini.

"Waktu mendarat di Cengkareng itu engine yang paling luar itu ada di luar runway, sehingga rumput-rumput itu naik ke atas. Di sana (Kuala Namu) sudah secara teknis," tutupnya.

Dengan dapat mendaratnya pesawat Airbus A380, diharapkan lebih banyak turis yang datang ke Indonesia, khususnya ke Medan. Mereka bisa bermain ke Danau Toba atau menikmati air terjun Sipiso-piso, hingga kemudian bisa menyeberang pulau hingga ke destinasi-destinasi lain. Promo tiket ke Kuala Namu Medan mulai dari Rp. 665.358

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Padang Rp. 503.708 PILIH
Jakarta Shanghai Rp. 1.896.674 PILIH

Powered by
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com