detiktravel

Pelangi Berbentuk Cincin Pernah Muncul di Langit NTT

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Selasa, 14/05/2013 07:41 WIB
Lewoleba - Fenomena pelangi berbentuk cincin, tidak hanya dijumpai traveler yang naik pesawat di luar negeri. Pelangi bulat pernah muncul juga di langit Lewoleba, NTT.

Kalau selama ini Anda melihat pelangi melintang dari satu sisi ke sisi lain, coba buka mata lebar-lebar saat naik pesawat. Tak jarang, wisatawan melihat bayangan pesawat di tengah pelangi berbentuk cincin. Indah!

Kalau jeli, Anda mungkin mendapati fenomena unik pelangi cincin. Hal inilah yang dialami detikTravel beberapa waktu lalu, saat perjalanan naik pesawat perintis Susi Air dari Kupang (NTT) menuju Lewoleba (Pulau Lembata).

Cuaca hari itu cukup cerah. Pesawat perintis yang berbadan kecil itu memang belum terlalu dilirik wisatawan, mungkin karena faktor keamanannya. Padahal, perawatan pada pesawat perintis tak kalah dengan pesawat berbadan besar. Pilot dan co-pilot maskapai Susi Air waktu itu berasal dari Ceko dan Belanda.

Sekitar 30 menit perjalanan, sepanjang mata memandang masih tampak laut gradasi biru tua dan muda. Gumpalan awan kecil mengambang bak kapas, terpencar di banyak tempat. Salah satu keuntungan naik pesawat perintis, Anda terbang lebih rendah dari awan. Ya, sedikit di bawah awan sehingga panorama pun terhampar indah.

Saya duduk persis di belakang pilot, bangku penumpang pertama sebelah kanan. Begitu melihat ke jendela dan melongok ke bawah, mata saya mengerejap tak percaya. Tampak bayangan pesawat yang terbang di atas gumpalan awan. Bayangan tersebut dikelilingi pelangi yang berbentuk cincin. Meski terlihat samar, tapi indah sekali!

Saya langsung meraih kamera dan mencoba mengabadikan momen ini. Lumayan, beberapa jepret sebagai bukti saya telah melihatnya.

Sebenarnya, fenomena cincin pelangi dengan bayangan pesawat di bagian tengahnya adalah hal yang lumrah terjadi. Namun memang ada beberapa kondisi khusus yang menyebabkan munculnya cincin pelangi. Awan harus terdiri dari tetesan air, bukan partikel es. Kemudian cahaya matahari akan menyinari titik-titik air yang menyebabkan munculnya pelangi berbentuk cincin.

Cahaya ini akan dipantulkan kembali ke pesawat, sehingga menimbulkan bayangan. Sehingga, bayangan pesawat akan terlihat tepat berada di tengah cincin pelangi. Fenomena ini bisa dilihat lewat kaca yang melawan arah matahari.

Kalau sudah begini, jangan hanya terlena keindahannya. Langsung abadikan momen ini dalam kamera!
Bayangan pesawat berada di tengah-tengah cincin pelangi (Sastri/ detikTravel)
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com