DetikTravel









Travel Highlight Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu, Ibarat Hawaii di Utara Jakarta

Fitraya Ramadhanny - detikTravel - Kamis, 16/05/2013 07:09 WIB
Kepulauan Seribu - Kota Jakarta yang ramai dan bising membuat manusia lupa, bahwa di sisi utara ada ratusan pulau nan tenang, berpantai indah dengan alam bawah laut yang menawan. Kepulauan Seribu memang ibarat Hawaii di utara Jakarta.

Banyak orang Jakarta yang tidak menyadari potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Seribu. Ketika ditanya soal Jakarta, banyak warganya dengan lantang menyebut Jakarta Pusat, Barat, Selatan, Timur dan Utara. Namun, seringkali Kabupaten Kepulauan Seribu terlewat.

Pun demikian ketika ditanya soal wisata pantai, yang diingat adalah Bali, Lombok, Anyer, Pangandaran, Parangtritis. Padahal, Provinsi DKI Jakarta memiliki deretan pulau seindah kawasan Samudera Pasifik yaitu di Kepulauan Seribu. Travel Highlight kali ini akan mengupas primadona wisata bahari Jakarta ini.

Gugusan kepulauan seluas 8,7 km2 ini memiliki tidak sampai seribu pulau memang. Catatan resmi Pemprov DKI mencatat ada 110 pulau. Sepertiganya menjadi pulau wisata, yang lain adalah kawasan pemukiman, kawasan penunjang nelayan atau tidak dihuni manusia sama sekali.

Dengan Pulau Pramuka sebagai pusat pemerintahan, Kepulauan Seribu masih punya banyak hal untuk ditawarkan. Mereka menyambut semua perahu wisatawan sampai cruise mewah yang menyeberang dari Muara Angke, Muara Kamal, atau Pelabuhan Marina Ancol. Mau ke pulau mana, pilihannya ada di tangan wisatawan.

Taman Arkeologi Onrust misalnya, sebagai deretan pulau yang paling dekat dari Jakarta, menyediakan situs wisata sejarah peninggalan kolonial Belanda. Ada Pulau Onrust dengan bekas galangan kapal, Pulau Cipir, Pulau Kelor dengan Benteng Martello dan Pulau Bidadari.

Lebih jauh ke utara lebih banyak lagi pesona Kepulauan Seribu yang bisa memenuhi minat wisatawan. Anda mau snorkling atau diving? Ada Pulau Payung, Pulau Sepa, Pulau Semak Daun, Pulau Pari, Pulau Kotok dan masih banyak lagi. Bawa teman-teman yang banyak untuk kemping seru di Kepulauan Seribu. Banyak pulau sepi dan Anda bisa menjadi raja sehari di sana.

Tapi jangan khawatir dengan akomodasi di sana. Kepulauan Seribu menyediakan kamar mulai dari ratusan ribu di Pulau Tidung dan Pulau Pramuka, sampai resort romantis untuk berbulan madu di Pulau Putri, Pulau Bidadari, Pulau Pantara, Pulau Ayer dan Pulau Macan. Harga resor ini mulai dari Rp 800 ribu sampai 1,8 juta per orang per malam.

Kabar baiknya adalah, Kepulauan Seribu semakin populer di mata wisatawan. Beberapa pulau sudah menjadi favorit wisatawan dan menjadi ramai di akhir pekan.

Pulau Tidung, Pulau Semak Daun, Pulau Bira, Pulau Pari dan Pulau Bidadari adalah pulau-pulau yang sering didatangi wisatawan. Pulau-pulau ini mungkin bisa menjadi awal tujuan Anda saat berlibur ke Kepulauan Seribu, selain tentu saja mampir di Pulau Pramuka yang menjadi pulau utama.

Pulau Tidung adalah yang paling favorit untuk anak-anak muda karena memiliki Jembatan Cinta. Tapi bukan artinya pulau lain tidak punya pesona.

Seperti halnya deretan pulau di Samudera Pasifik dan Hawaii, maka setiap pulau di Kepulauan Seribu juga punya keunggulan dan keindahannya masing-masing. Tapi kan Anda tidak usah jauh-jauh melihat gugusan pulau di Hawaii.

Cukup dengan perjalanan perahu puluhan menit saja Anda pun sampai di Kepulauan Seribu, dan pilih sendiri pulau yang ingin dinikmati. Mumpung masih hari Kamis, yuk coba hubungi kawan-kawan dekat, siapkan perbekalan yang dibutuhkan dan sambut liburan yang seru di Kepulauan Seribu!

(fay/aff)
Pemandangan saat pertama kali menginjak Pulau Tidung (Putri Vera/d'Traveler)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com