Pahit Manisnya Menyentuh Bibir Kawah Gunung Galunggung

Dewi Kania - d'traveler - Senin, 20/05/2013 17:49 WIB
Tasikmalaya - Mendaki gunung merupakan salah satu hal menarik yang bisa dilakukan saat liburan. Potensi alam kawasan wisata Gunung Galunggung, di Tasikmalaya menambah pengalaman pahit dan manisnya mendaki gunung.

Gunung Galunggung berada di wilayah Desa Cipanas, Kecamatan Sukaratu, tepat sekitar kurang lebih 17 km dari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Traveler bisa menemui kawasan wisata Gunung Galunggung dengan potensi alam yang beragam.

Setelah memasuki gerbang kawasan wisata ini, Anda bisa menemui 2 objek wisata yaitu Kawah Galunggung dan Pemandian Air Panas Cipanas. Saya mencoba menyambangi objek wisata Kawah Galunggung karena dirasa lebih menantang. Kawah Galunggung masih memiliki kealamian serta keeksotisan bentuk bukit dan hutan belantara yang harus kita nikmati.

Sungguh ini merupakan anugerah tuhan yang begitu besar yang bisa dinikmati langsung dengan mata telanjang. Hembusan angin yang datang dari pohon pinus yang rindang mengantarkan saya untuk menempuh jarak sekitar 2,5 km mencapai kawah. Untuk mencapai bukit tertinggi Galunggung Anda harus melewati 620 anak tangga yang curam.

Saat itu, saya sempat takut tak mencapai bibir kawah. Dengan yakin satu per satu saya lalui rintangan ini. Ada 2 titik kecuraman sekelompok anak tangga yang membuat jantung berdegup kencang. Tepat di angka 500 anak tangga kondisinya memprihatinkan.

Bukan hanya saya yang mampu menaiki tangga-tangga tersebut. Pengunjung lain nampak riang dan berfoto di atas, menghilangkan rasa bosan dan lelah saat menaiki ratusan undakan yang terbuat dari semen ini. Namun, rasa lelah itu terbayar saat melongok ke bawah, terlihat kubangan air yang sangat keruh dan hamparan pasir seluas mata pandang.

Ini dia yang disebut Kawah Galunggung. Mata ini begitu dimanjakan dengan alam sekitar yang hijau dan hamparan bukit-bukit kecil Galunggung. Tetapi, jawaban itu tak cukup sampai di sini. Saya berniat melanjutkan perjalanan menuju bibir Kawah Galunggung.Next


Hamparan panomara kawasan wisata Galunggung (Dewi/detikTravel)
Halaman 12


Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com