Travel Highlight Kemping

Bumi Perkemahan Cibubur, Apa Kabarnya Sekarang?

Dewi Kania - detikTravel - Kamis, 23/05/2013 09:25 WIB
Jakarta - Di bagian timur Jakarta, ada bumi perkemahan yang begitu terkenal yaitu Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur. Inilah tempat yang identik dengan Jambore Nasional Pramuka. Masihkah tempat ini mempesona seperti dulu, yuk cari tahu.

Jakarta yang padat dan hampir dikenal tak ada ruang lebar ini masih menyisakan lahan seluas 210 Ha untuk melakukan kegiatan berkemah. detikTravel sempat menyambangi Buperta, Rabu (21/5) kemarin. Buperta sendiri sudah ada sejak tahun 1973 yang mulanya masih berupa hutan karet.

Seiiring berjalannya waktu, kawasan Buperta tak lepas dari sentuhan renovasi yang semakin memudahkan pengunjung hingga sekarang. Kemudian mantan Presiden Soeharto meresmikan kawasan Buperta pada tahun 1981. Lahirnya Buperta karena peran besar Pramuka di Indonesia.

Awalnya, lahan bumi perkemahan ini seluas 230 Ha dan menyatu dengan Taman Bunga Wildatika Cibubur. Namun, karena proyek tol Jagorawi lahan terpangkas menjadi 210 Ha dan berpisah dengan taman bunga itu.

Buperta tak berdiri sendiri, mereka di bawah naungan Kwarnas dan bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat sampai TNI Angkatan Udara. Dari semua itu bertujuan untuk mendukung kegiatan Buperta. Di dalam wilayah bumi perkemahan ini juga terdapat lapangan terbang untuk olahraga kedirgantaraan yang memiliki landasan pacu dengan panjang sekitar 1.000 m.

Dari situs resmi Buperta, Kamis (21/5/2013) lahan Buperta terbagi atas beberapa bagian yaitu areal perkemahan di hamparan rumput yang bebas seluas 80 Ha. Di area tersebut masih terbagi 2 bagian yaitu Kemah Putra (Kempa) dan Kemah Putri (Kempi) yang mampu menampung hingga 20.000 orang.

Fasilitas lain yang ditawarkan berupa lapangan utama, aula serbaguna, cafetaria, kolam renang, hutan wisata, danau, sarana peribadatan 5 agama dan toilet. Buperta menyediakan lokasi berkemah bagi siapa saja yang datang. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana bermacam-macam, seperti berkemah, outbound, bermain sepeda air di danau atau sekedar jalan-jalan.

Sewa lokasi untuk berkemah juga sangat terjangkau sekitar Rp 10.000 per malam. Jangan kuatir jika Anda tak bawa perlengkapan kemah sendiri, Buperta menyediakan tenda berbagai ukuran dengan harga kisaran Rp 40.000 sampai Rp 300.000.

Ada persyaratan jika Anda ingin berkemah di sana. Pengunjung tidak boleh membawa tenda milik sendiri lebih dari 2, karena Anda tetap dikenakan pajak sebesar 20% dari harga sewa tenda yang sudah disediakan. Jika Anda tidak ingin berkemah, di sana juga tersedia penginapan berupa wisma yang nyaman.


Promo tiket ke Bali mulai dari Rp. 442.501

Suasana tenang area Buperta (Dewi/detikTravel)

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Beijing Rp. 1.725.964 PILIH
Jakarta Penang Rp. 610.854 PILIH

Powered by
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com