DetikTravel









Travel Highlight Kemping

Kemping Bareng Anak, Cara Liburan Baru yang Harus Dicoba

Faela Shafa - detikTravel - Kamis, 23/05/2013 13:30 WIB
Makin ke sini, makin banyak keluarga yang mengajak liburan anak-anaknya ke mall atau taman hiburan. Padahal, masih ada cara asyik liburan kembali ke alam yaitu dengan cara kemping. Berikut 4 tempat kemping yang pas untuk keluarga.

Menghirup udara segar, memandang pepohonan nan hijau dan bermain di sungai yang jernih mungkin sudah sulit dirasakan anak-anak masa kini. Namun bukan berarti tidak mungkin mengajak mereka liburan lebih dekat dengan alam. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (24/5/2013), ada 4 tempat pas untuk keluarga yang ingin liburan dengan cara kemping:

1. Batu Lapak, Sukabumi

Sukabumi memang terkenal dengan area yang berbukit dan banyak area untuk berkemah. Salah satu yang bersahabat dengan keluarga adalah Batu Lapak Camping Ground di Jl Raya Cakuang Km 12, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat.

Menurut Syarif, salah satu karyawan di sana yang dihubungi detikTravel, Selasa (21/5), kebanyakan yang datang berkemah di sini adalah keluarga. Terlebih saat akhir pekan, biasanya ramai.

"Dari bulan Mei sudah penuh sampai menjelang puasa," ujarnya.

Ada dua paket yang ditawarkan yaitu paket VIP dan Reguler. Untuk VIP, menurut Syarif, untuk 2 orang dihargai Rp 400 ribu, 4 orang Rp 600 ribu dan 6 orang Rp 800 ribu selama 2 malam. Fasilitasnya adalah tenda, matras, sleeping bag, sarapan, meja, lampu dan minuman hangat.

Ada juga paket Reguler Rp 600 ribu yang maksimal untuk 6 orang. Dalam paket ini, hanya berbeda di bagian sarapan, meja dan minuman hangat. Yang menarik di sini adalah, anak-anak bisa bermain di air terjun.

"Biasanya pada main di air terjun," katanya.

Jika ingin permainan yang lain, kawasan ini juga menyediakan paket permainan. "4 Jenis permainan Rp 60 ribu, atau 1 permainan Rp 20 ribu," tutupnya.

2. Umbul Sidomukti

Di Semarang, ada juga bumi perkemahan yang terkenal bersahabat untuk keluarga. Umbul Sidomukti namanya. Terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, bumi perkemahan ini menawarkan area berkemah dengan pemandangan menggoda.

Letaknya di bukit, sehingga pemandangan hijau menghampar sedemikian cantiknya. Juga ada kolam renang yang terlihat seperti tak berujung karena berada di ujung bukit. Untuk menginap ala kemping, tidak mahal kok!

"Kalau mau kemping, tiketnya 17 ribu per orang. Tenda bisa bawa sendiri atau sewa," ujar Resepsionis Umbul Sidomukti, Dewi, kepada detikTravel, Selasa (21/5).

Sedangkan jika ingin menyewa, Anda bisa membayar Rp 45 ribu per malamnya untuk tenda maksimal isi tiga orang, sleeping bag Rp 7 ribu per malam dan matras Rp 5 ribu per malam. Bagi yang takut repot masalah toilet karena membawa anak, tak perlu kuatir. Ada fasilitas MCK yang disediakan di sini.

Selain itu, ada juga listrik, musola dan restoran yang bisa jadi alternatif jika malas memasak menggunakan api unggun atau kompor kecil. Harga tiket masuk di atas sudah termasuk juga akses ke kolam renang. Sehingga anak-anak bisa puas bermain air selama kemping di sini.

Menurut Dewi, akhir pekan area bumi perkemahan ini biasanya sudah penuh dengan para wisatawan. Jadi, ada baiknya Anda menelepon untuk memesan tanggal.

3. Bumi Perkemahan Cikole, Bandung

Di Jl Raya Tangkuban Perahu Km 30, Lembang, Bandung, ada bumi perkemahan yang asyik. Di sini, Anda dan keluarga bisa kemping di antara pepohonan nan tinggi, juga bisa memetik stroberi di ladang. Asyik!

"Anak-anak bisa memetik stroberi di ladang kalau sedang panen," kata Resepsionis Bumi Perkemahan Cikole, Eva kepada detikTravel, Selasa (21/5).

Untuk paket berkemah di sini, ada paket Rp 350 ribu untuk satu hari satu malam dengan kapasitas maksimal 4 orang. Harga tersebut sudah termasuk tenda, sleeping bag, matras, api unggun dan juga jagung untuk dibakar.

Ada juga fasilitas pendukung yang memudahkan para keluarga yang membawa anak seperti kamar mandi dengan fasilitas air panas. Jika tak ingin masak, Anda bisa memesan makanan di restoran yang ada di sana.

"Ingin makan di restoran bisa, beli kuponnya satu orang Rp 20 ribu untuk sekali makan prasmanan," lanjut Eva.

Jangan heran melihat banyaknya tenda yang berdiri saat musim liburan atau akhir pekan tiba. Namun inilah asyiknya membawa keluarga. Selagi berlibur lebih dekat dengan alam, anak-anak juga bisa berkenalan dengan teman baru dan bisa bermain bersama selama liburan.

4. Gunung Geulis Adventure Camp, Bogor

Ingin bumi perkemahan yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, coba kemah di Gunung Geulis Adventure Camp di Bogor. Alamat tepatnya adalah Jl Pasir Angin, Gadog, Ciawi, Bogor. Di sana, Anda bersama keluarga bisa berkemah 2 hari 1 malam dengan paket seharga Rp 275 ribu.

Harga tersebut untuk maksimal 5 orang, dan dapat fasilitas tenda, sleeping bag, dan matras. Selain itu, Anda juga dapat makan prasmanan sebanyak 2 kali. Fasilitas lain yang bisa didapatkan adalah kolam renang. Jadi, anak-anak bisa main air di sana.

"Pemandangannya khas gunung, banyak pepohonan dan ada sungai kecil," kata Resepsionis Gunung Geulis Adventure Camp, Sulaiman saat dihubungi detikTravel, Selasa (21/5).

Anda bisa membawa anak-anak belajar liburan sambil kemping ke sini karena tidak terlalu jauh dari Jakarta. Juga, udara sejuk khas pegunungan memungkinkan anak mendapat asupan udara segar alami yang mungkin selama ini jarang didapat.

(shf/aff)
Batu Lapak Camping Ground di Sukabumi (campground.batutapak.com)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com