DetikTravel









Tamasya ke Negeri Pushtun, Cantiknya Luar Dalam!

Fitraya Ramadhanny - detikTravel - Jumat, 24/05/2013 07:06 WIB
Asia Tengah adalah kawasan penuh pesona untuk wisatawan. Inilah negeri-negeri Pushtun, dimana alamnya misterius namun indah menawan, dengan para gadis yang cantik jelita di mata wisatawan.

Pushtun atau Pashtun adalah sebuah etnis yang mendiami kawasan Asia Tengah. Negeri-negeri Pushtun adalah 3 negara dimana etnis ini cukup dominan dalam populasi, yaitu Afghanistan, Pakistan dan Iran.

Ketiga negara ini sangat eksotis di mata wisatawan. Namun sayang, konflik bersenjata dan kondisi politik membuat negeri-negeri Pushtun tidak masuk dalam arus utama pariwisata dunia. Padahal negeri ini punya sejuta pesona.

Contohnya saja Iran, negeri ini diberkahi dengan aneka situs sejarah warisan Bangsa Persia. Isfahan adalah kota wisata dengan masjid bersejarah yang begitu cantiknya. Karpet Persia asli Iran adalah oleh-oleh yang diburu wisatawan, walaupun mahal harganya.

Situs resmi pariwisata pemerintah Iran yang dikunjung detikTravel, Jumat (24/5/2013) menyebutkan Iran kaya budaya dengan umur sejarah yang panjang. Wisatawan bisa melihat bangunan kuno di Persepolis, mangrove di Harra, Gunung Alborz, minum teh di Haifz Garden atau berenang di Laut Kaspia.

Meskipun Iran teguh memegang syariat Islam, jangan salah, perempuan Iran bisa bebas berenang di tepi pantai di Pulau Kish. Turis perempuan bisa ikut berenang di sini. Namun banyak negara barat mewanti-wanti wisatawan yang berlibur ke Iran, cuma lantaran alasan politis belaka.

Sementara itu, Pakistan juga merupakan negeri Pushtun yang menawan hati. Membentang dari pegunungan Karakorams di Himalaya sampai lembah Sungai Indus, negeri ini punya alam secantik gadis-gadis Pushtun. Dari situs resmi pariwisata Pakistan, Pakistan Tourism Development Corporation, disebutkan wisata alam bisa dinikmati wisatawan dengan trekking, mountaineering, arung jeram, safari dengan unta atau yak.

Pakistan juga negeri kaya budaya. Nikmatilah eksotisme Pakistan di Karachi, Lahore, Rawalpindi dan Quetta untuk menikmati beragamnya budaya di sana. Wisatawan juga bisa melihat sisa peradaban kuno Mohenjodaro di daerah Sindh dan Harappa di daerah Punjab. Kalau wisata kuliner, jangan ditanya lagi. Masakan Pakistan boleh diadu dengan masakan India!

Negeri Pushtun yang satu lagi adalah Afghanistan. Perang yang mengkoyak-koyak negeri ini sepertinya tidak mampun melunturkan kecantikan alam dan budayanya. Dari situs Afghanistan Tourism, di negeri ini ada sedikitnya 60 kelompok etnis Pushtun.

Meski diganggu dengan konflik bersenjata, Afghanistan adalah negara dengan situs warisan budaya yang sangat berharga dan langka. Di Kandahar ada masjid yang menyimpan jubah Nabi Muhammad SAW, ada Minaret of Jam di Sungai Hari yang jadi situs warisan budaya UNESCO. Ada juga patung Buddha Bamiyan yang sayangnya dirusak oleh Taliban.

Ah, tidak akan ada habisnya membahas pesona negeri-negeri Pushtun. Seperti gadis-gadis Pushtun yang berbalut kerudung, Iran, Afghanistan dan Pakistan punya pancaran kecantikan yang tidak tertahankan. Banyak yang sudah membuktikannya!

(fay/fay)
Paviliun Hiran Minar di Lahore, Pakistan (dostpakistan.pk)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com