DetikTravel









Travel Highlight Stasiun

Ini Dia 7 Stasiun Kereta Favorit Pilihan Anda

Fetry Wuryasti - d'traveler - Kamis, 30/05/2013 17:27 WIB
Mengelilingi Indonesia dengan kereta api menjadi kesukaan para traveler. Ada pemandangan indah dan jajanan asyik di kereta dan di stasiun. Inilah 7 stasiun kereta Indonesia yang paling favorit mereka.

Ada puluhan stasiun kereta api yang sering disinggahi para traveler. Pastinya ada beberapa stasiun yang menjadi favorit mereka. Apa saja?

detikTravel menggelar survey melalui twitter sejak Selasa (28/5) hingga Rabu (29/5). Inilah 7 stasiun kereta api favorit pilihan traveler yang dihimpun, Kamis (30/5/2013):

1. Stasiun Tugu, Yogyakarta

Dari hasil survey detikTravel, pilihan paling favorit traveler adalah Stasiun Tugu di Yogyakarta dengan total suara 26%. Stasiun ini memang menjadi pilihan mayoritas traveler ketika berlibur ke Yogyakarta.

Stasiun Tugu meenurut para d'traveler selain rapi, bersih dan nyaman, suasananya sangat bernuansa Yogya, lengkap dengan patung kereta api di muka stasiun. Tidak jarang traveler yang berhenti di stasiun ini mengabadikan foto sebanyak-banyaknya.

Dengan suasananya yang nyaman, seringkali traveler memilih bermalam di Stasiun Tugu. Kamar mandi di stasiun ini luas, dan tentunya gratis. Ada juga yang mendatangi Stasiun Tugu hanya untuk melepas lelah, juga pengantar rindu. Ya, memang banyak sekali kenangan yang akan traveler alami di sini.

2. Stasiun Solo Balapan, Surakarta

Voting untuk stasiun ini sebesar 8,7 persen. Banyak traveler memilih stasiun ini karena terinspirasi dari lagu Stasiun Balapan yang dinyanyikan oleh Didi Kempot. Nama 'Balapan' diambil dari nama kampung yang terletak di sebelah utara komplek stasiun.

Walau stasiunnya tidak besar dan sederhana, tetapi stasiun ini memiliki banyak kenangan bagi pecintanya. Stasiun Solo Balapan merupakan stasiun kereta api terbesar di kota Surakarta dan Jawa Tengah.

Traveler memilih Stasiun Solo Balapan karena tempatnya bersih, masih kental dengan budaya Jawa dan bersejarah. Seringkali ada penampilan live musik di stasiun ini yang bisa menemani traveler sambil menunggu kereta.

3. Stasiun Gambir, Jakarta

Sebanyak 8,7% traveler memilih stasiun ini. Stasiun yang berada di pusat Kota Jakarta ini memang penting bagi traveler yang akan perg dengan kereta eksekutif.

Stasiun Gambir terdiri dari tiga tingkat. Loket, restoran, toko, dan mesin ATM ada di lantai dasar. Di tingkat kedua ada ruang tunggu dan beberapa restoran cepat saji dan kafe. Sedangkan peron ada di tingkat ketiga. Stasiun Gambir bersifat stasiun besar, pengumuman di sini memakai bahasa bilingual.

4. Stasiun Gubeng, Surabaya

Voting untuk stasiun ini sebesar 7,3%. Stasiun Surabaya Gubeng terletak di Gubeng, Surabaya. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Surabaya dan Jawa Timur. Stasiun ini merupakan tempat keberangkatan utama dari Kota Surabaya yang melalui jalur selatan.

Sedangkan kereta yang melewati jalur utara, seperti kereta jurusan Jakarta via Semarang, diberangkatkan dari Stasiun Pasar Turi. Stasiun Gubeng memiliki 6 jalur utama. Meski ada bangunan baru, namun bangunan lamanya masih seperti Surabaya tempoe doeloe

Traveler menyukai stasiun ini karena lokasinya yang dekat dengan museum kapal selam, serta ada band pengamen yang biasa menyanyikan lagu-lagu nostalgia. Sehingga traveler bisa duduk nyaman menunggu kereta sembari mendengarkan lagu nostalgia.

5. Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta

Traveler yang memilih stasiun ini sebanyak 5,3%. Stasiun Lempuyangan terletak di Kota Yogyakarta dan berjarak sekitar 1 km di sebelah timur dari stasiun utama di kota ini, yaitu Stasiun Tugu atau Stasiun Yogyakarta. Berbeda dengan Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan melayani pemberhentian semua kereta api ekonomi yang melintasi Yogyakarta.

Selain melayani penumpang kereta api ekonomi jarak jauh, Stasiun Lempuyangan juga melayani penumpang Kereta Api Prameks jurusan Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan-Palur. Traveler menyukai stasiun ini karena banyaknya angkringan menjajakan makanan khas di depan stasiun.

6. Stasiun Tawang, Semarang

Stasiun Semarang Tawang hanya melayani kereta api eksekutif dan bisnis. Kereta api ekonomi tidak singgah di stasiun ini. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang dan diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 untuk jalur Semarang Tawang ke Tanggung. Sebanyak 5,3% traveler memilih stasiun ini menjadi favorit.

Stasiun Semarang Tawang mempunyai keunikan, yaitu ketika musim kemarau stasiun ini memiliki ketinggian 2 m, namun musim hujan stasiun ini ketinggian nya turun hingga 0 m setara dengan permukaan laut. Hal ini karena stasiun ini sering terkena Air Rob saat musim hujan tiba.

Keunikan lain yang hanya ada di stasiun ini adalah lagu Gambang Semarang-nya. Tiap kali ada kereta yg datang, bel lagu ini akan diputar, dimainkan dengan piano.

7. Stasiun Solo Jebres, Surakarta

Stasiun Solo Jebres Stasiun Solo Jebres terletak di daerah kekuasaan Kasunanan Surakarta. Stasiun Solo Jebres ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh pemerintah kota Solo karena memiliki nilai arsitektural, sejarah dan budaya yang menggambarkan masa pembangunannya. 4% traveler memilih stasiun ini sebagai favorit.

Traveler menyukai stasiun ini karena suasanya di sekitar stasiun. Banyak angkringan di samping stasiun dengan penjual makanan yang tidak mematok mahal harga makanan.

Nah, selain 7 besar stasiun favorit pilihan traveler di atas, masih ada banyak stasiun lain yang dipilih mereka. Tapi, jumlahnya tidak besar.

Ada Stasiun Madiun, Stasiun Malang Kota, Stasiun Bandung, Stasiun Pasar Senen yang ngetop gara-gara film '5 cm' dan Stasiun Cirebon.

(shf/shf)
Stasiun Solo Balapan (travellers.web.id)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com