Tour de Singkarak

Mengaku Cinta Indonesia? Main Dulu ke Rumah Bung Hatta

Doni Wahyudi - d'traveler - Selasa, 18/06/2013 09:15 WIB
Bukittinggi - Menjadi salah satu rumah di antara banyak pertokoan kawasan Pasar Banto, Bukittinggi, bangunan bernomor 37 itu terlihat kokoh dan terawat baik. Di sanalah, salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia, Muhammad Hatta, dilahirkan.

Rumah ini berada di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Guguk Panjang, Bukittinggi. Menurut cerita, setelah dilahirkan pada 12 Agustus 1902, Bung Hatta disebutkan tidak lama tinggal di rumah tersebut.

Seperti banyak anak lelaki kecil di Bukittinggi, dia lebih sering tidur di Surau. Bung Hatta tinggal rumah ini sampai berusia 11 tahun, atau hingga bersekolah ke MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs, setara SMP).

Namun, rumah yang Anda lihat sekarang bukanlah bangunan asli. Ini adalah duplikat rumah asli yang telah hancur. detikTravel mampir ke tempat ini di sela-sela balap sepeda Tour de Singkarak minggu lalu.

Bangunan aslinya terbuat dari struktur kayu dan diperkirakan dibangun pada tahun 1860-an. Kemudian mengalami kerusakan hingga akhirnya runtuh pada tahun 1960-an.

Melihat itu, pembangunan duplikat rumah Bung Hatta dilakukan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi dan Universitas Bung Hatta. Bentuknya pun masih berpedoman pada bangunan aslinya.

"Beberapa perabotan rumah yang terpajang hingga kini adalah asli milik keluarga Bung Hatta," kata petugas yang menjaga rumah tersebut, Widya kepada detikTravel minggu lalu.Next

Promo tiket ke Surabaya mulai dari Rp. 326.720

Kamar Bujang, sebutan untuk kamar yang ditiduri Bung Hatta (Doni/detikTravel)
Halaman 123

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Singapura Rp. 237.358 PILIH
Jakarta Padang Rp. 505.348 PILIH

Powered by
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com