DetikTravel









Travel Highlight Liburan Sekolah

Kandank Jurank Doank, Liburan Sekolah Tidak Pernah Seasyik Ini

Afif Farhan - detikTravel - Kamis, 20/06/2013 18:07 WIB
Mau liburan sekolah yang berbeda, datanglah ke Kandank Jurank Doank di Tangerang Selatan. Di sana anak-anak bisa bermain outbound, ikut kelas gambar, sampai beragam kegiatan penuh kreatifitas. Dijamin asyik banget!

Liburan sekolah tidak melulu ke pantai atau ke taman hiburan. Di Kandank Jurank Doank, Anda juga bisa menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Siap-siap menghirup udara segar sambil melakukan segudang aktivitas seru.

Kandank Jurang Doank berlokasi di Komplek Alvita Blok Q No 14 Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan. Tempat ini dibangun oleh artis kawakan, Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denadadi Kusuma alias Dik Doank. Ada apa saja di sana?

"Di sini ada Komunitas Kreatvitias Kandank Jurang Doank, kegiatannya ada kelas menggambar, gitar, biola, perkusi, vokal, fotografi, band, dan kelas kayu," ujar volunteer di Kandank Jurank Doank, Indah Nermalasari, kepada detikTravel, Rabu (19/6/2013).

Kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung setiap hari, tapi yang paling digemari wisatawan adalah kelas menggambar saat hari Minggu. Di kelas yang berlangsung pukul 08.00-10.00 WIB pagi, anak-anak dapat menggambar bebas sesuai imajinasinya. Kelas ini berada di luar ruangan dengan pemandangan sawah-sawah hijau dan udara yang segar. Alat-alat lukis pun disediakan gratis!

"Saat menggambar, ada Om Dik (panggilan Dik Doank-red) yang akan bercerita dan memberikan motivasi. Para orang tua yang mengantar anak-anaknya dan pengunjung anak-anak muda juga boleh gabung. Di sini kreativitas dipancing," ujar Indah.

Berbagai macam kelas lainnya juga tak sepi dari minat wisatawan yang kebanyakan anak-anak. Di kelas vokal, anak-anak akan diseleksi terlebih dulu oleh Dik Doank dan nanti bakal ikut manggung bersamanya.

"Kita seleksi untuk menumbuhkan rasa percaya diri kepada anak-anak. Mereka yang lolos seleksi, bisa ikut manggung dan bernyanyi bersama Om Dik," kata Indah.

Selain itu, Kandak Jurank Doank juga punya area outbound. Beberapa permainan seperti flying fox, rock climbing, hingga berbagai macam permainan bisa Anda ikuti bersama keluarga. harga per satu mainannya hanya Rp 20 ribu saja.

"Ada juga menanam padi, memandikan kerbau, atau menanam pohon. Di sini anak-anak bukan belajar sambil bermain, tapi bermain sambil belajar. Om Dik juga dekat dengan pengunjung," papar Indah.

Asyiknya, biaya masuk ke Kandank Jurank Doank adalah gratis. Wisatawan tidak dipungut biaya sepeser pun untuk ikut kelas menggambar atau kelas-kelas lainnya. Di sini juga ada museum yang menyimpan hasil karya Dik Doank dan perpustakaan dengan banyak buku menarik. Tapi, ada syaratnya.

"Syaratnya hanya satu, jangan membuang sampah sembarangan. Ini supaya wisatawan yang datang membiasakan diri untuk tidak buang sampah sembarangan, baik di rumah atau di tempat-tempat lainnya," kata Indah.

Kandank Jurank Doank memberikan liburan yang berbeda bagi anak-anak. Dengan luas 2 hektar, anak-anak bebas bermain dan menumbuhkan kreatifitas serta imajinasinya di sini. Liburan Sekolah tidak pernah seasyik ini!

(ptr/fay)
Bermain perahu kampret, cara asyik basah-basahan (Kandank Jurank Doank)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com