detiktravel

Unik, Belajar Membatik Kayu di Desa Wisata Krebet

wendy s - d'Traveler - Selasa, 23/07/2013 10:22:00 WIB
detikTravel Community -  

Biasanya traveler belajar membatik dengan menggunakan media kain. Namun di Bantul, Anda bisa membatik menggunakan media kayu.

Kerajinan batik kayu di Krebet telah berlangsung sejak tahun 70an. Lokasi wisata batik kayu ini tepatnya di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Suasana pedesaan yang dikelilingi hutan jati menambah keasyikan wisatawan yang berkunjung.

Di kanan kiri jalan banyak papan nama bertuliskan sanggar batik. Potongan-potongan kayu sebagai bahan media batik semakin menguatkan bahwa Krebet merupakan sentra batik kayu di Yogyakarta.

Salah satu sanggar batik yang dapat dikunjungi pelancong adalah Sanggar Punokawan. Biaya untuk belajar membatik kayu sebesar Rp 30.000 per peserta. Traveler akan mendapatkan media kayu yang sudah diukir menjadi topeng atau wayang.

Lama proses pembatikan berlangsung selama sekitar 2 jam. Tempat yang disiapkan selama membatik adalah angunan berbentuk joglo yang luas dan nyaman. Setelah pembatikan selesai, batik kayu bisa dibawa pulang sekaligus sebagai suvenir.

Proses mengukir kayu sebelum diwarnai atau dibatik memang agak panjang dan rumit. Oleh karena itu traveler cukup diajarkan cara mewarnainya saja, yaitu proses membatik.

Pemilik Sanggar Punokawan, Agus menjelaskan sebelum diwarnai atau dibatik, kayu berukuran 2 meter dipotong-potong, kemudian diukir sesuai keinginan. Ada yang berbentuk wayang, topeng, patung maupun pernak-pernik lainnya.

"Pada proses ini wisatawan dapat melihat tetapi tidak bisa ikut mengukir. Karena proses mengukir lebih sulit dan harus dilakukan tenaga profesional," terang Agus.

Bahan yang dipakai berupa kayu sengon, klepu ataupun mahoni. Bahan-bahan ini didatangkan dari wilayah Bantul karena di sana masih tersedia bahan kayu yang cukup melimpah.

Kelebihan batik kayu di Krebet dibandingkan dengan di tempat lain lebih halus serta warnanya lebih cerah. Hal ini karena pengalaman pengukir yang sudah lama serta cara pewarnaan yang lebih tepat.

"Kebiasaan membatik yang sudah lama menjadikan Batik Kayu Krebet lebih berkualitas," kata Agus.

Sanggar batik ini berdiri pada tahun 1988 dan berada di dekat perempatan jalan. Di ruang pameran juga tersedia berbagai macam suvenir dari batik kayu. Harganya suvenir di sini mulai dari Rp 1.500 hingga yang paling mahal seharga Rp 5 juta. Bentuk serta motif batiknya bermacam-macam.

Pengunjung yang datang juga berasal dari berbagai daerah baik dalam negeri maupun mancanegara. Mereka umumnya sekedar berwisata maupun membeli suvenir untuk dijual lagi.

Harga batik kayu di Krebet tentu saja lebih murah apabila dibandingan dengan di luar kota. Desa ini merupakan pusat kerajinan kayu batik. Kalau di sini harganya batik kayu Rp 10.000. Sedangkan di tempat lain seperti Jakarta harganya bisa mencapai Rp 30.000.

Desa wisata Krebet ini cocok untuk dijadikan destinasi saat liburan. Tidak hanya wisatawan yang berlibur, banyak juga mahasiswa dan dinas terkait yang melakukan penelitian di Krebet.

Untuk menuju lokasi Desa Wisata Krebet tidak terlalu sulit. Meski tidak tersedia alat transportasi khusus, wisatawan dapat menumpang taksi atau ojek. Akan lebih mudah lagi bila Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Akses jalan sudah dilakukan pengaspalan namun masih ada beberapa yang rusak. Desa Wisata Krebet juga menyediakan homestay. Ada sekitar 45 penginapan, dengan daya tampung rata-rata 6 orang dalam satu rumah. Traveler juga bisa berwisata kuliner di desa ini.

Di sini juga banyak tersedia masakan khas Jogja. Salah satunya adalah gudeg manggar. Gudeg ini unik kerena tidak berbahan buah nangka, melainkan dari putik kelapa yang dimasak.

Selamat berwisata di Desa Wisata Krebet!

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com