DetikTravel









Nasi Jamblang Ibu Nur, Kuliner Cirebon yang Gaul di Twitter

Fitraya Ramadhanny - detikTravel - Selasa, 20/08/2013 15:44 WIB
Cirebon - Traveler makin punya banyak pilihan untuk menikmati wisata kuliner Nasi Jamblang di Cirebon. Yang sedang hit adalah Nasi Jamblang Ibu Nur yang merangkul penggemar lewat Twitter.

Walaupun terletak di Jl Cangkring II yang agak sempit, Nasi Jamblang Ibu Nur yang menempati rumah dua lantai, dipenuhi dengan mobil parkir. Minggu (18/8/2013) siang itu saya sengaja mampir untuk makan siang.

Deretan bangku panjang dengan meja panjang yang hampir sama rendahnya, dipenuhi orang. Satu orang selesai makan, yang lain duduk menggantikan.

Tapi sebelum itu, mereka ke meja prasmanan untuk memilih sekitar 20 menu makanan Nasi Jamblang khas Cirebon. Sayangnya, Ibu Nur sudah tidak membungkus nasinya dengan daun jati secara tradisional. Mungkin, daun jati makin susah dicari.

Porsi makan tetap khas Nasi Jamblang. Anda akan ditawarkan satu atau dua nasi ukuran kepalan tangan. Pilihan menu ambil sendiri.

Rekomendasi saya yang khas Nasi Jamblang banget adalah sate kentang, semur daging atau ati, semur tahu, telur dadar dan aneka pepes. Jangan lupa sambal Nasi Jamblang yang merah menggoda, tapi tidak pedas.

Yang wajib dicoba adalah blakutak, cumi yang dimasak dengan tinta hitamnya. Rasanya, yummy! Hati Anda akan meleleh dibuatnya.

"Menu andalan kita adalah blakutak," kata Indah Nur Laeli, anak pemilik Nasi Jamblang Ibu Nur, dalam obrolan dengan detikTravel.

Nasi jamblang ini adalah usaha keluarga Nur Wahid bersama istri dan anak menantu. Indah membantu ibunya memasak dan menjaga kualitas rasa.

"Kami masih masak sendiri, Mas. Soalnya mesti mengontrol rasanya supaya enak. Ibu saya sangat pintar memasak," kata Indah.

Keluarga Ibu Nur merintis usaha kuliner Nasi Jamblang sejak tahun 2007. Dimulai dari warung kecil emperan di bawah pohon di tepi Jl Tentara Pelajar, kini mereka punya restoran 2 lantai ber-AC dan TV kabel.

"Kita pinjam modal dari bank, Mas. Jadi cepat maju, nggak seperti usaha makanan zaman dulu," jelas Indah.

Sudah banyak wisatawan dari luar Cirebon yang menjajal kelezatan Nasi Jamblang Ibu Nur. Banyak juga wisatawan mancanegara yang mampir kesini.

"Kadang datang bule rombongan pakai bus. Ada juga yang sendiri-sendiri. Artis juga banyak, terakhir Anang dan Ashanti," kata Indah.

Tak cuma Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saja, Presiden SBY pun waktu kunjungan kerja pun memesan Nasi Jamblang mereka. "Nggak makan di sini, tapi dipesan. Cuma, makanannya diperiksa dulu, ketat banget," jelasnya.

Yang membedakannya dengan objek wisata kuliner lain di Cirebon adalah, Nasi Jamblang Ibu Nur sangat eksis di social media. Twitter dengan akun @nasjamIbuNur mendekatkan mereka dengan 946 followers-nya. Rupanya, akun ini dipegang langsung oleh Indah.

"Kadang sibuk banget, balas-balas tweet-nya," Indah mengaku.

Nah, untuk Anda yang penasaran dengan Nasi Jamblang Ibu Nur, mohon sabar sedikit. Nasi Jamblang Ibu Nur tutup dari tanggal 19-24 Agustus 2013 dan baru buka kembali tanggal 25 Agustus 2013.

"Kita kan kemarin belum liburan pas Lebaran. Sekarang kita boyongan mau liburan ke Bogor, ke Taman Safari," kata Indah tertawa.

(fay/ptr)
Suasana Nasi Jamblang Ibu Nur yang selalu ramai (Fitraya/detikTravel)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com