detiktravel

Daftar Maskapai Indonesia Paling Tepat Waktu & Sering Delay

Feby Dwi Sutianto - d'traveler - Rabu, 11/09/2013 09:18 WIB
Jakarta - Pesawat menjadi pilihan favorit traveler untuk berpergian jarak jauh. Nah, berikut ini adalah daftar maskapai Indonesia yang paling tepat waktu dan paling sering delay menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Catat!

Kemenhub telah mengeluarkan data maskapai berjadwal dengan tingkat ketepatan waktu atau on top performance (OTP) untuk periode Januari-Juni 2013 (semester I). Ada 3 indikator yang digunakan untuk mententukan OTP maskapai di Indonesia. Indikantor pertama terkait faktor teknis operasional (TO) seperti terjadinya antrean pesawat saat take off dan landing atau keterlambatan pengisian bahan bakar.

Kemudian faktor non teknis (NTO) seperti keterlambatan kehadiran pilot atau penanganan pesawat saat di udara. Terakhir karena ada faktor cuaca (CUA). Dalam enam bulan pertama tahun ini Kemenhub sudah mengeluarkan daftar OTP untuk 9 maskapai dengan nilai rata-rata OTP di atas 70%.

Kepala Puskom Publik Kemenhub Bambang S Ervan menjelaskan nilai OTP semester I maskapai di Indonesia terbilang baik karena memiliki nilai rata-rata di atas 70%.

"Yang baik itu lebih dari 80, kalau lebih dari 70 biasa, di bawah 70 jelek," ucap Bambang kepada detikTravel, Rabu (11/9/2013).

Menempati peringkat paling buncit atau yang paling sering delay, adalah maskapai Merpati. Maskapai ini menempati peringkat 9 dengan besaran nilai rata-rata OTP 70,46% pada semester I 2013. Lalu peringkat selanjutnya diikuti oleh maskapai AirAsia dengan OTP sebesar 74,78% di peringkat 8.

Lion Air menempati peringkat 7 dengan dengan rata-rata nilai OTP, pada semester I-2013 sebesar 75,8%. Citilink unggul 2% dari Lion Air dan duduk di peringkat 6.Next

Promo tiket ke Delhi mulai dari Rp. 2.676.900
Halaman 12

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Yogyakarta Rp. 492.100 PILIH
Jakarta Seoul Rp. 3.020.000 PILIH

Powered by
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com