detiktravel

Laporan dari Korea

Inilah Gunung Tertinggi di Korea Selatan

Ken Yunita - d'traveler - Kamis, 26/09/2013 19:02 WIB
Jeju - Belum sah rasanya pergi ke Pulau Jeju tapi tidak ke Gunung Halla. Landmark di Pulau Jeju ini juga merupakan gunung tertinggi di Korea Selatan.

Gunung Halla atau dalam bahasa Korea disebut Hallasan ini memang menjadi landmark Pulau Jeju. Jadi sebisa mungkin, sempatkanlah berkunjung ke gunung tertinggi di Korea Selatan ini.

detikTravel berkunjung ke Gunung Halla pada minggu lalu. Namun karena waktu yang terbatas, kami tidak mendaki tapi hanya berjalan-jalan dan menikmati museumnya saja.

Konon, Gunung Halla merupakan pelindung Pulau Jeju yang terbentuk dari kumpulang aliran lava basalt. Di sekitar Gunung Halla ini terdapat sekitar 46 parasit gunung berapi.

Kawasan itu dinamai Taman Nasional Gunung Halla atau Hallasan Gungnip Gongwon. Di gunung ini juga terdapat kuil Buddha tertua di pulau ini, Gwanneumsa.

Kuil ini dibangun pada masa Dinasti Goryeo. Seperti kebanyakan kuil di Korea, Gwanneumsa juga sempat dimusnahkan dan dibangun kembali pada abad ke-20. Di luar kuil ini ada sebuah monumen yang memperingati para korban pemberontakan di Jeju yang terjadi antara tahun 1948 dan 1950.

Anda boleh mendaki gunung setinggi 1.950 mdpl ini. Namun jika tidak memiliki banyak waktu, cukup menikmati indahnya pemandangan dari lereng gunung saja.

Anda juga bisa masuk ke dalam museum Gunung Halla dan melihat sejarahnya. Ada banyak diorama dan koleksi interaktif yang bisa dinikmati dan dipelajari.

Kawasan Gunung Halla bisa ditempuh dalam waktu 60 menit dari Jeju City dengan mobil. Cuaca di kawasan ini cukup dingin meski sedang musim panas. Jadi sebaiknya siapkan jaket atau baju hangat.
Sebuah monumen di taman Gunung Halla (Ken/detikTravel)
Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com