DetikTravel









Travel Highlight Landmark

Jam Gadang di Bukittinggi, Saingannya Big Ben di London

Afif Farhan - detikTravel - Kamis, 03/10/2013 17:06 WIB
Bukittinggi - Jam Gadang adalah landmark terkenal dari Bukittinggi, Sumbar. Ini adalah jam yang besar dan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Unik, bersejarah, dan tak kalah dari Big Ben di London.

Destinasi wisata yang diincar traveler saat melancong ke Bukittinggi, biasanya adalah Jam Gadang. Letaknya di tengah kota, memudahkan akses untuk melihat jam besar ini dari dekat. detikTravel berkesempatan mampir dan mengunjungi Jam Gadang beberapa waktu lalu.

Tak berlebihan jika membandingkan Big Ben di London dan Jam Gadang di Bukittinggi. Sebabnya, dua landmark ini adalah yang paling terkenal di negaranya masing-masing. Rasanya, belum ada bangunan jam yang besar di Indonesia yang terkenal dan bersejarah seperti Jam Gadang.

Jam Gadang sudah berdiri gagah sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya sekitar tahun 1826. Kala itu, Jam Gadang dibangun oleh Ratu Belanda sebagai hadiah untuk Sekretaris Kota Bukittinggi saat itu, Rook Maker. Jika dilihat, tekstur Jam Gadang memang cukup unik.

Tak sampai di situ, rupanya ada lagi keunikan Jam Gadang lainnya. Dari situs resmi pariwisata Bukittinggi, mesin jam pada Jam Gadang diyakini hanya tinggal dua di dunia. Yang satu lagi, ada pada mesin jam di Big Ben, London. Pembuat mesin Jam Gadang yang bekerja secara manual tersebut bernama Forman.

Meski bergaya Eropa dengan menara tinggi dan angka romawi, tapi Anda bakal melihat bentuk atap Rumah Gadang yang runcing di bagian atas jamnya. Tinggi Jam Gadang sendiri adalah 26 meter. Unik bukan, sentuhan Ranah Minang dan Eropa berbaur menjai satu pada Jam Gadang?

Tidak ada biaya yang dikenakan kepada wisatawan untuk melihat Jam Gadang. Wisatawan bebas duduk-duduk di pelataran atau di taman-taman di sekitarnya. Anda bisa menghabiskan waktu dengan memandanginya berlama-lama atau memotret setiap sudutnya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa masuk ke Jam Gadang dan naik ke bagian atas menaranya. Dari atas menaranya, terlihat pemandangan Kota Bukitingi dari ketinggian. Biasanya, wisatawan bisa masuk ke dalam Jam Gadang dari sejak pukul 10.00-16.00 WIB.

Di sekitar Jam Gadang adalah taman-taman yang dihiasi rerumputan. Kalau lapar, Anda bisa berburu aneka kuliner khas Minang, seperti nasi kapau, teh talua, itik lado mudo dan masih banyak lagi. Itu semua bisa didapat di sekitar Pasar Atas, Pasar Lereng, dan Pasar Bawah yang letaknya tak jauh dari Jam Gadang.

Di sekitar Jam Gadang, Anda pun bisa berburu aneka oleh-oleh dari Bukittinggi. Biasanya wisatawan yang datang ke sana berburu baju bertuliskan 'I Love Bukittinggi' atau kaus yang bergambar Jam Gadang itu sendiri. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu.

Kita bisa menghabiskan waktu di Jam Gadang dari siang hingga pagi hari. Beranjak waktu makan siang, silakan mencicipi nasi kapau seharga Rp 20 ribu dengan menu ayam goreng. Sorenya, adalah waktu berburu aneka suvenir kaos-kaos dengan gambar-gambar khas Bukittinggi. Tak mahal harganya, kaos-kaos di sana dipatok mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 70 ribu.

Nah, malam hari adalah waktu yang spesial untuk menghabiskan waktu di depan Jam Gadang. Saat itulah, jam ini disinari cahaya lampu yang terang. Jam Gadang pun seolah memamerkan sisi keromantisannya. Meski berumur lebih dari 1 abad, jam ini tetap berdiri gagah, megah, dan terlihat cantik.

Pantas rasanya menyebut Jam Gadang sebagai landmark Bukittinggi atau salah satu landmark paling terkenal di Sumatera Barat. Ada sejarah, kecantikan, dan keromantisan yang bisa Anda rasakan saat melihat Jam Gadang ini dari dekat. Sekali lihat Jam Gadang, dijamin bakal jatuh cinta!

(ptr/fay)
Wisatawan yang sedang berlantai di sekitar pelataran Jam Gadang (Putri/detikTravel)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com