detiktravel

Cahaya Emas Puncak Gunung Sikunir di Pagi Hari

basri bachtiar - d'Traveler - Sabtu, 05/10/2013 13:53:00 WIB
detikTravel Community -  

Mengamati sunrise di pagi hari saat mendaki gunung adalah kepuasan tersendiri bagi traveler. Puncak Sikunir di Dataran Dieng, Wonosobo, Jateng pun menawarkan golden sunrise yang punya pancaran merona. Dijamin jatuh cinta!

Pagi hari pukul 03.00 wib, kawasan puncak Sikunir telah ramai oleh manusia-manusia yang ingin menyaksikan keindahan golden sunrise. Sungguh indah merona!

Saya mendapat pengalaman baru dan teman teman baru dalam perjalanan kali ini. Perjalanan dengan teman-teman yang sebelumnya saya belum pernah kenal, yakni temen-temen dari komunitas pecinta alam Tangerang.

Akhir tahun lalu, perjalanan dimulai berawal dari depan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Di sana titik kumpul keberangkatan menuju Dieng. Pukul 19.00 wib saya sudahh tiba di Puspem. Di sana sudah ada sang ketua.

Pukul 21.00 WIB bis pun berangkat menuju Dieng. Menembus macetnya tol dalam kota, di dalam suasana indahnya malam Kota Jakarta. Setelah beberapa jam perjalanan bis yang saya tumpangi pun sudah berhasil menembus wilayah jalur Pantura. Jalur yang di sisi jalan banyak 'penampakan' yang sering disinggahi oleh supir truk.

Pukul 11.00 WIB pun bis kami nyasar entah mau memotong jalan, yang akhirnya memasuki wilayah jalur pegunungan Kebumen. Yang membuat bis kami pun tidak kuat menanjak dan membuat kami sering kali memilih berjalan kaki untuk mengurangi beban bis.

Segala sesuatu ada hikmahnya. Karena bis yang tidak kuat menanjak, saja jalan kaki jadi bisa menambah teman dan lebih mengakrabkan dengan teman-teman yang lain.

Pukul 16.00 wib saya pun tiba di Terminal Wonosobo. Di tempat itu sudah ditunggu oleh teman teman JAT (Jatijajar Adventure Team). Sebuah team Warkamsi (Warga Kampong Situ) yang berisi orang-orang Wonosobo asli.

Setelah beristirahat sejenak, melepas lapar, kami pun berangkat menuju Dieng dengan menggunakan mobil bak terbuka. Hanya 1 jam perjalanan kami sudah tiba di basecamp JAT dan segera menyantap makanan khas Dieng yaitu mie ongklok.

Setelah perut kenyang, kami pun melanjutkan perjalanan menuju sikunir. Dalam perjalanan yang dipenuhi canda tawa dengan teman-teman baru. Ya, di tiap pendakian pasti memang selalu ada cerita menarik. Menikmati dinginnya malam Dieng dengan penuh kehangatan kebersamaan. Oh indahnya!

Setelah kurang lebih 30 menit, kami pun tiba di Sikunir. Kemudian mendaki kurang lebih 1 km menuju puncak Sikunir. Setibanya di puncak Sikunir kami segera mendirikan tenda dan segera mungkin untuk beristirahat serta menyiapkan fisik untuk menikmati golden sunrise keesokan harinya.

Minggu itu puncak Sikunir begitu ramai oleh orang-orang yang ingin menyaksikan keindahan ciptaan yang maha kuasa. Yakni ingin melihat golden sunrise puncak Sikunir.

Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com