Menara Masjid Tertinggi di Dunia Ada di Maroko

titry frilyani - d'Traveler - Senin, 09/12/2013 08:20:00 WIB
detikTravel Community -  

Casablanca memang tidak setenar Marrakesh, tujuan utama para wisatawan liburan ke Maroko. Meski begitu, di Casablanca ada Masjid Hassan II yang memiliki menara tertinggi di dunia.

Masjid Hassan II di Casablanca ini adalah masjid terbesar di Maroko, bahkan menaranya tertinggi di dunia. Masjid ini didesain oleh Michel Pinseau, dibangun pada tahun 1986 oleh Bouygues dan selesai pada tahun 1993.

Menara Masjid Hassan II, sebagaimana masjid-masjid di Casablanca ataupun Maroko pada umumnya berbentuk balok tinggi, khas bangsa Moor. Warnanya juga sangat indah, perpaduan warna biru dan peach.

Mendekati masjid ini, terlihat lebih jelas indahnya eksterior Masjid Hassan II. Ukiran-ukiran di dinding bagian luar meski tidak memiliki warna yang sangat beragam, nampak cukup detail dan elegan. Pintu-pintu masuknya juga sangat besar, seperti pintu gerbang istana.

Bagi pengunjung yang ingin melihat bagian dalam Masjid Hassan II dapat mengikuti tur. Jadwal untuk tur masjid ini adalah pukul 09.00, 10.00, 11.00 dan 14.00 waktu setempat pada hari Sabtu sampai Kamis. Sedangkan jadwal tur untuk hari Jumat adalah pukul 09.00 dan 14.00 waktu setempat.

Sayangnya, karena waktu sudah sore, saya tidak bisa mengikuti tur tersebut. Namun, saya sempat menengok ke dalam dan melihat indahnya interior masjid ini saat waktu salat Ashar.

Di negara mana pun termasuk Maroko, tidak sedikit orang yang mempergunakan kesempatan, untuk mengelabui turis demi mendapatkan uang. Di sini, saya bertemu dengan seorang ibu paruh baya yang mencoba mengelabui dengan mengajak turis ke dalam masjid dan mengambil gambarnya kemudian meminta uang sebagai upahnya.

Bagaimanapun, Mesjid Hassan II merupakan bangunan yang tidak boleh dilewatkan di Casablanca. Apalagi dengan letaknya di pinggir pantai, masjid ini banyak dinikmati oleh masyarakat Casablanca untuk bersantai di sore hari, baik dengan duduk-duduk di sekitar masjid, atau memandang laut dari sisinya.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com