Orangutan & Monyet di TN Gunung Leuser Adu Tinju Demi Pisang

Putri Rizqi Hernasari - detikTravel - Selasa, 10/12/2013 12:30 WIB
Leuser - Aturan dilarang mengambil barang orang lain rupanya berlaku juga di kalangan orangutan dan monyet. Fotografer traveler melihat adu jotos antar primata ini di TN Gunung Leuser, Aceh demi sebuah pisang. Waduh!

Adalah Ryan Deboodt (30), fotografer traveler yang menjadi saksi mata kejadian unik ini. Ketika itu, ia sedang asyik mengarahkan kamera ke orangutan Sumatera (Pongo abelii) yang memang menghuni Taman Nasional Gunung Leuser.

Namun betapa terkejutnya ia begitu melihat kejadian langka di hadapannya. Secara tiba-tiba seekor orangutan mengarahkan tinjunya ke hadapan monyet ekor panjang (Macaca fascicularis).

Bukan iseng atau tanpa sebab. Usut boleh usut ternyata monyet nakal ini hendak mencuri pisang milik orangutan. Merasa barang miliknya hendak diambil tanpa izin, kera besar ini lantas mengarahkan tinju ke monyet nakal dengan gaya tinju uppercut, seperti dilansir dari Mirror, Selasa (10/12/2013).

"Saya senang permainan mereka dan interaksi antara dua spesies yang berbeda ini. Mereka terlihat seperti sedang adu tinju atau berkelahi," ujar Deboodt.

Taman Nasional Gunung Leuser memang salah satu habitat kera besar, yakni orangutan Sumatera. Baik orangutan maupun monyet adalah spesies yang berbeda. Semua bisa dilihat dari keberadaan ekor. Orangutan tak berekor sedangkan monyet berekor.

Di Taman Nasional Gunung Leuser, baik orangutan maupun monyet hidup berdampingan. Para ranger pun rutin menyiapkan pisang di tempat yang telah disiapkan. Ini dilakukan untuk memastikan seluruh hewan bisa hidup di alam liar.

"Ketika kami baru tiba, hanya ada ibu orangutan yang sedang memakan pisang, tapi kemudian anaknya datang," jelas Deboodt.

Melihat sang anak datang, induk betina orangutan ini mengepit pisang di ketiaknya. Sang anak pun bisa dengan mudah menikmati pisang yang telah disediakan ibu.

"Kemudian monyet ekor panjang datang dan mengambil sejumlah pisang. Ibu orangutan marah, ia pun mengusir dengan memberikan tinju ke monyet nakal ini," tutur Deboodt.
Pukulan ini diberikan karena monyet nakal hendak mencuri pisang miliknya (Ryan Debood/Mirror)
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com