DetikTravel









Landasan Bandara di Maladewa, Hanya 2 Meter di Atas Laut!

Afif Farhan - detikTravel - Jumat, 24/01/2014 16:26 WIB
Male - Traveler yang terbang ke Maladewa pasti banyak yang belum tahu hal ini. Bandara Ibrahim Nasir yang biasa jadi tempat mendarat pesawat punya landasan pacu yang letaknya hanya dua meter di atas permukaan laut. Ngeri, tapi pemandangannya cantik!

Siapa yang tak tahu Maladewa? Kepulauan di Samudera Hindia ini terkenal dengan pulau-pulau kecil yang punya pantai pasir putih, lautan biru jernih, dan terumbu karang yang menawan. Lebih dari itu, ada yang menarik dari Bandara Ibrahim Nasir yang ada di atas pulau karang di sana.

Dilongok dari situs resmi Male Airport Guide, Jumat (24/1/2014) Bandara Ibrahim Nasir yang ada di dekat Kota Male merupakan pintu gerbang traveler untuk datang ke Maladewa. Tepatnya, bandara ini berada di Pulau Hulhule.

Nama Ibrahim Nasir berasal dari nama Presiden ke-2 Maladewa. Ibrahim Nasir menjabat sebagai Presiden di tahun 1968 hingga 1978. Awalnya bandara ini bernama Bandara Male, tapi diubah tahun 2011 jadi Bandara Ibrahim Nasir untuk mengenang presiden tersebut yang meninggal tahun 2008.

Tapi, bukan nama tersebut yang jadi keunikannya. Keunikan Bandara Ibrahim Nasir adalah pada runway atau landasan pacunya. Dengan panjang 3.200 meter, landasan pacu Bandara Ibrahim Nasir ini hanya punya ketinggian 6 kaki atau sekitar 2 meter saja!

Oleh sebab itu, pilot yang mendaratkan pesawat di bandara tersebut harus mahir dan terampil. Salah sedikit saja, pesawat bisa-bisa tercebur ke dalam laut.

Meski demikian, landasan pacunya yang hanya dua meter di atas laut tersebut rupanya menawarkan panorama cantik. Lautan biru jernih terlihat mengelilingi landasan pacunya.

Di kanan dan kiri landasan pacu, tampak jelas karang warna-warni di bawah permukaan laut. Gradasi warna biru dan hijau yang mengelilingi Pulau Hulhule menambah elok pemandangan. Tak hanya itu, di sekitar landasan pacu juga ada beberapa kapal yacth dan kapal pesiar yang melintas.

Dari situs Visit Maldives, Jumat (24/1/2014), maskapai yang terbang dari kawasan Asia ke Baandara Ibrahim Nasir ini yaitu Malaysian Airlines, Singapore Airlines, Bangkok Airways, Air China, dan China Southern Airlines. Selain itu, masih ada maskapai Oman Air, Qatar Airways, Emirates, dan Etihad Airways yang terbang dari kawasan Timur Tengah.

Bandara Ibrahim Nasir pun terbilang nyaman dan lengkap. Ada pusat perbelanjaan, restoran, hotel bandara, hingga tempat mendarat untuk pesawat amphibi.

Siapkan kamera Anda sesaat pesawat hendak mendarat di Bandara Ibrahim Nasir ini. Duduklah di pinggir jendela dan layangkan pandangan ke bawah. Bandara di maladewa saja sudah secantik ini, apalagi pulau-pulau lainnya di sana ya...

(aff/aff)
Landasan pacunya hanya dua meter di atas permukaan laut (ALAMY)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com