DetikTravel









Laporan dari Hong Kong

Victoria Park, Tempat Paling Meriah Rayakan Imlek di Hong Kong

Afif Farhan - detikTravel - Jumat, 31/01/2014 14:19 WIB
Causeway Bay - Ingin meraasakan perayaan Imlek yang meriah di Hong Kong? Datanglah ke Victoria Park di Causeway Bay. Saat-saat Imlek, tempat ini bakal jadi lautan manusia yang belanja aneka kebutuhan untuk Imlek. Barangnya pun murah-murah lho!

Dalam agenda Fam Trip bersama Hong Kong Tourism Board dan Tigerair Mandala, detikTravel berkesempatan datang ke Victoria Park. Perjalanan sekitar 30 menit ditempuh dengan bus dari Mong Kok ke Causeway Bay. Suasana Imlek pun sudah amat terasa ketika menapakkan kaki di sana.

'Lunar New Yaer Fair' begitulah tulisan spanduk besar di depan Victoria Park. Waktu saat itu menunjukan sekitar pukul 19.00 waktu Hong Kong dan banyak warga setempat yang tumpah ruah ke jalanan. Ada yang datang bersama keluarga atau pun sepasang kekasih.

"Ini perayaan Imlek yang paling terkenal dan meriah yang ada di Hong Kong. Mereka datang untuk berbelanja kebutuhan-kebutuhan Imlek di sini atau barang-barang lainnya. Sebab, banyak barang bagus yang murah bisa mereka dapatkan untuk dipakai saat Imlek besoknya," tutur perwakilan dari Hong Kong Tourism Board, Frederic Cheung yang menamani rombongan wartawan jalan-jalan di Victoria Park, Kamis (30/1/2014).

Benar saja, suasana di dalam Victoria Park sangat penuh sesak. Anda bisa melihat aneka barang yang dijajakan di sini, seperti jaket, lampion berwarna merah, aneka camilan seafood, bunga, bantal-bantal, dan mainan anak-anak seperti figuran tokoh-tokoh kartun. Tapi yang paling sering dilihat, adalah balon-balon, bantal, dan juga boneka.

"Memang kebanyakan di sini bantal dan mainan-mainan untuk anak-anak. Karena, biasanya orang tua membelikan anaknya mainan baru saat Imlek," ujar warga setempat, Vanessa Chin kepada detikTravel.

Aneka barang di sini mulai dari HKD 5 atau sekitar Rp 7.800 hingga ratusan Dollar Hong Kong. Tenang saja, harga-harga di sini sangat bersahabat dengan kantong. Siap-siap Anda pasti tergiur untuk berbelanja!

"Kegiatan di Victoria Park ini sudah berlangsung sejak 7 hari lalu, dari mulai pukul 07.00-22.00. Kalau hari terakhir seperti ini, mungkin bisa sampai pukul 03.00 pagi. Kalau yang paling dicari selain untuk anak-anak, adalah bunga. Tiap warga di Hong Kong selalu menghiasi rumahnya dengan bunga-bungan yang cantik saat Imlek untuk menyambut tamu," ujar Vanesa.

Turis pun bisa datang ke Victoria Park untuk merayakan suka cita menyambut Imlek. Tenang saja, Anda tidak akan dikenakan tiket masuk atau biaya lainnya di sana. Hanya saja, Anda bakal desak-desakan dengan para pengunjung lainnya.

Kalau sampai terpisah dari rombongan, polisi-polisi yang berlalu lalang di sana siap membantu Anda. Selain itu, jaga pula dompet dan tas kamera Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Sebab, suasananya benar-benar ramai!

"Meski penuh-penuhan, masyarakat Hong Kong tetap datang ke sini untuk berbelanja. Mereka tetap bahagia dan antusias karena esoknya Imlek," kata Vanessa.

Perayaan Imlek di Hong Kong jelas berbeda dengan di Jakarta. Jalanan-jalanan yang ramai orang, toko-toko yang mengobral diskon besar-besran, hingga pernak-pernik berwarna merah yang melambangkan keuntungan, terlihat di sudut mana pun di Hong Kong. Tahun Baru China di Hong Kong tak kalah heboh dengan Tahun Baru 1 Januari. Gong Xi Fa Cai!

(sst/sst)
Aneka pernak-pernik Imlek yang bisa Anda dapatkan (Afif/detikTravel)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com