DetikTravel

UKM Toilet Bersih Akan Diwujudkan Kemenpar Mulai Oktober

Moksa Hutasoit - d'traveler - Rabu, 19/08/2015 18:49 WIB
Jakarta - Kebutuhan wisatawan akan toilet yang bersih di tempat wisata, sudah tidak bisa ditawar lagi. Pemerintah berencana mengembangkan toilet bersih dalam bentuk UKM agar lebih profesional. Rencana ini akan dijalankan Oktober.

"Mungkin di Oktober, akan semacam dieksekusi. 1 Provinsi, 1 toilet," kata Menpar Arief Yahya di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Untuk menggalakkan toilet bersih di tempat wisata, pemerintah juga akan membuat perlombaan. Adu konsep soal platform bisnis UKM toilet juga bisa menjadi terobosan termasuk berapa modal yang dibutuhkan pelaku usaha toilet umum.

"Atau bisa dikomunikasikan, nanti akan dibuat toilet dengan tipe seperti Perumnas dengan tipe 27, 26," jelasnya.

Kemenpar mendukung pemda yang menggelar lomba toilet bersih seperti di Banyuwangi. Arief mengatakan kalau perlu Kemenpar mendukung hadiah untuk lomba toilet bersih. Semua itu bertujuan agar pada akhirnya wisatawan bisa menikmati toilet yang bersih di destinasi wisata.

"Pointnya adalah tindak lanjutnya apa? Kalau dulu kan dikasih reward terus berhenti di situ. Sekarang ada ide baru dikelola UKM dan standarnya dibuat oleh asosiasi toilet," tutupnya.

(fay/fay)
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com