DetikTravel

Waduh! Traveler Ceko Selundupkan Ribuan Ekor Serangga dari Australia

Wahyu Setyo Widodo - detikTravel - Senin, 20/03/2017 17:12 WIB
Perth - Kasus penyelundupan barang 'tak biasa' terungkap di Perth, Australia. Seorang traveler asal Ceko ditahan karena membawa ribuan ekor serangga di tasnya.

Traveler pria yang tidak disebutkan identitasnya ini tertangkap tangan tengah mencoba menyelundupkan kurang lebih 4.226 buah spesimen serangga yang sudah diawetkan, termasuk 27 ekor laba-laba dan 7 ekor kalajengking, keluar dari Australia.

Kejadian ini pun menjadi pemberitaan media setempat, termasuk harian Western Australia Today. Ditelusuri detikTravel dari beberapa sumber, Senin (20/3/2017), traveler pria ini ditahan karena melanggar Undang-Undang Perlindungan Lingkungan dan Konservasi Biodiversitas Tahun 1999 yang berlaku di Australia.

4.226 ekor serangga ini diketahui hendak diselundupkan dari Perth, menuju ke Abu Dhabi, UEA. Beruntung usaha ini berhasil digagalkan oleh otoritas keamanan bandara setempat.

Serangga-serangga ini dikemas dalam kantong, kotak hingga botol plastik. Kebanyakan sudah ditempatkan dalam kotak kayu, dan sudah diawetkan dengan cairan etil asetat. Sementara untuk jenis kupu-kupu dan ngengat, ditempatkan dalam amplop di dalam kotak plastik.

Beberapa jenis serangga yang diselundupkan ini termasuk serangga yang dilindungi, termasuk 19 ekor kumbang dari Family Buprestidae. Rencananya serangga-serangga asli Australia ini akan dijual ke kolektor dan juga ke museum-museum.

Hukuman denda sebesar AU$ 2.000 (setara Rp 20 Juta) pun menanti traveler tersebut. Selain itu, hukuman deportasi juga siap dijatuhkan kepadanya. (wsw/wsw)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com