detiktravel

Berjemur Bareng Bule Berbikini di Gili Trawangan

Ari Diatmika - d'Traveler - Selasa, 12/02/2013 08:20:00 WIB
detikTravel Community -  

Tempat favorit para turis asing untuk berjemur bukan cuma Bali saja. Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat juga menjadi salah satu lokasi yang ramai oleh para bule berbikini. Yuk, nikmati suasana!

Siapa yang tidak kenal Gili Trawangan? Pulau paling cantik di Lombok ini sudah menyita perhatian wisatawan lokal, bahkan dunia. Tak heran saat ini Gili Trawangan sudah ramai dikunjungi setiap harinya.

Terletak di seberang Pulau Lombok, Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan termasuk dalam wilayah Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Perjalanan menuju Gili Trawangan ini paling asyik dilakukan pada akhir pekan, terutama jika tidak memiliki banyak waktu untuk liburan.

Berangkat dari Mataram, wisatawan bisa lewat jalur Pusuk atau Senggigi dengan view yang berbeda keindahannya. Di jalur Pusuk kita akan memutari bukit dengan hutan lebat yang dihuni oleh sekumpulan monyet jinak. Di sini, wisatawan bisa mampir sebentar untuk memberi makan kacang atau pisang pada monyet-monyet tersebut.

Rute Mataram menuju Pelabuhan Bangsal memakan waktu kurang lebih 45 menit sampai 1 jam. Oh, iya, kendaraan umum atau pribadi harus turun di terminal kemudian lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Bangsal sekitar 500 meter dengan berjalan kaki atau naik cidomo, yaitu kendaraan sejenis delman. Jangan lupa, tawar dulu tarif cidomo sebelum naik. Biasanya sekitar Rp 15-25 ribu untuk 4-5 orang.

Di Pelabuhan Bangsal, Anda bisa menggunakan jasa public boat, tarifnya Rp 10 ribu per orang. Bisa juga menyewa boat seharga Rp 400.000 per kapal untuk pulang-pergi ke 'Trio Gili'. Pelabuhan Bangsal melayani penyebrangan dari pukul 6.00 Wita sampai 18.00 Wita, karena lewat dari jam tersebut suasananya sangat gelap.

Sampai di Gili Trawangan, langsung gunakan waktu untuk jalan-jalan. Di pantainya, banyak bule-bule berbikini yang sedang berjemur. Persis dengan pemandangan yang biasa Anda lihat di Bali.

Selain itu, Anda juga bisa berenang, snorkeling, dan diving. Untuk harga sewa peralatan snorkeling di sini, sekitar Rp 30-50 ribu per paket lengkap. Untuk diving, bisa langsung ke dive center di Gili Trawangan.

Gili Trawangan memang dikenal sebagai pulau yang bebas dari kendaraan bermotor. Selain berjalan kaki, Anda juga bisa menyewa sepeda seharga Rp 30 ribu per jam atau Rp 50 ribu per hari. Jika Anda berlibur bersama rombongan, lebih baik sewa cidomo untuk berkeliling Gili Trawangan, tarifnya Rp 125 ribu untuk satu kali putaran.

Yang menarik lainnya dari pulau ini adalah Taman Konservasi Penyu. Di sini kita bisa melihat pertumbuhan anak penyu atau tukik sebelum dilepas ke laut. Selain itu, Gili Trawangan juga punya banyak hotel murah. Per kamarnya dibanderol sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 1 jutaan. Di antaranya adalah Vila Ombak, Queen Villas, Hotel Ombak Sunset, Villa Grasia (lokasi syuting Film Arisan 2), Villa Unggul, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mau yang lebih murah lagi sekitar Rp 100 ribuan? Susuri dalam-dalam gang permukiman penduduk. Ada semacam kamar-kamar kost dengan harga murah meriah. Bila menginginkan penginapan kelas menengah, sekitar Rp 300-500 ribu ada Sama-sama Bungalow, Pesona Resort, Big Bubble, Lumbung Cottages, dan lain-lainnya. Harga tersebut biasanya di luar musim liburan.

Gili Trawangan juga punya kehidupan malam yang heboh. Bule-bule terlihat meramaikan beberapa tempat di sini. Sehingga wajar ada julukan Gili Trawangan itu Desa Dunia dan Party Island, karena kita sebagai wisatawan domestik serasa seperti bukan di Indonesia, tapi sedang berada di suatu pulau di negara lain.



Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
New Photo
Gallery

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com