detiktravel

Danau Terdalam Se-Asia Tenggara Ada di Sulsel!

Rahmawati - d'Traveler - Senin, 05/03/2012 13:31:00 WIB
detikTravel Community -  

Tahukan Anda kalau ternyata Indonesia memiliki danau paling dalam di Asia Tenggara? Danau tersebut dikenal dengan nama Matano, yang merupakan danau indah kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan.

Danau Matano terletak di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan Pulau Sulawesi, yaitu Kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Jika Anda ada di Kota Makassar, danau ini bisa ditempuh dengan jarak 600 km arah barat daya.

Menurut World Wide Fund for Nature (WWF), Danau Matano merupakan danau terdalam di Asia Tenggara dengan kedalaman sejauh 600 meter. Tidak hanya itu, danau ini juga masuk kedalam urutan danau paling dalam kedelapan di dunia.

Matano sendiri berasal dari bahasa Dongi (bahasa asli Sorowako) yang memiliki arti mata air. Nama tersebut diambil karena danau ini bukan hasil dari pembentukan beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air. Jadi, Anda sudah pasti bisa melihat kejernihan airnya setiap saat.

Pemandangan indah di sekitar danau menambah daya tarik tersendiri bagi Danau Matano. Lokasi ini sering kali dipadati wisatawan untuk menghabiskan akhir pekannya.

 

 

Promo tiket ke Bangkok Don Muang mulai dari Rp. 1.430.867
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
New Photo
Gallery

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com