detiktravel

9 Pantai Cantik di Barat Jawa yang Wajib Anda Tahu

Wira Nurmansyah - d'Traveler - Rabu, 24/10/2012 14:35:00 WIB
detikTravel Community -  

Bagian barat Pulau Jawa sudah terkenal dengan pantai-pantainya yang menarik. Setidaknya ada 9 pantai cantik yang berada di sini. Jika Anda adalah salah satu penikmat pemandangan, pantai-pantai di barat Jawa ini wajib Anda ketahui.

Bukan rahasia lagi jika barat Jawa dianugerahi kekayaan alam yang indah. Begitu banyak destinasi alam di provinsi ini, salah satunya adalah pantai. Nah, berencana untuk berlibur di pantai yang ada di bagian barat Pulau Jawa, maka Anda wajib tahu 9 pantai cantik yang ada di provinsi ini:

1. Pantai Santolo

Pantai ini berada di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. Menurut saya, pantai ini paling dekat dengan Bandung. Perjalanan sekitar 4 sampai 5 jam. Biasanya saya berangkat pukul 24.00 WIB dan tiba di sana tepat saat mentari bersinar.

Pantainya masih sangat alami, jadi jangan harap ada banana boat di sini. Pantai Santolo juga memiliki markas Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Jadi, jangan kaget jika tiba-tiba ada roket percobaan jatuh ke laut.

2. Pantai Sayang Heulang

Tidak jauh dari Pantai Santolo, ada Pantai Sayang Heulang. Jika ingin melihat matahari terbit, di sinilah tempat yang tepat. Dibandingkan dengan Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang memiliki ombak yang lebih tinggi. Maka tak heran jika banyak fotografer yang sering menerapkan teknik slow speed di sini. Yang paling saya ingat di sini adalah harga kelapa mudanya yang lebih murah daripada air minum kemasan 600 ml. Nikmat!

3. Pantai Rancabuaya


Masih di Garut, arahkan kendaraan Anda 20 km ke arah timur dari Pantai Sayang Heulang. Maka Anda akan tiba di Pantai Rancabuaya. Berbeda dengan Sayang Heulang yang punya sunrise cantik, pantai yang satu ini memiliki sunset yang menawan.

Saat hari sedang cerah, bintang-bintang pada malam harinya juga tak kalah mengagumkan. Di sini juga banyak saung-saung di pinggir pantai yang pas untuk dijadikan sebagai tempat makan dan beristirahat.

4. Pantai Ciantir

Kita beraling ke Banten. Mungkin memang agak jauh dari Bandung, sekitar 7 jam perjalanan, atau tepatnya di Desa Sawarna, Bayah, Banten. Tapi perjalanan kita akan terbayar oleh kiendahan pantai pasir putih Ciantir. Pasir pantainya sangat luas dan lembut, layaknya tepung terigu. Asyik untuk berlibur bersama keluarga.

5. Pantai Tanjung Layar

Masih di Desa Sawarna, tepatnya sekitar 2 km dari Pantai Ciantir, kita akan menemukan Pantai Tanjung Layar. Uniknya, pantai ini tidak lagi berpasir seperti Pantai Ciantir, tapi penuh dengan batu karang. Ada beberapa karang yang sangat besar sekali di sini. Tingginya mencapai 20 meter lebih. Untuk menikmati pemandangan, Anda bisa duduk-duduk di saung dan warung kopi sambil beristirahat.

6. Pantai Ujung Genteng

Kalau pantai yang satu ini letaknya di Sukabumi, sekitar 6 jam perjalanan dari Bandung. Banyak aktivitas nelayan di sini, karena Ujung Genteng merupakan Desa Nelayan. Pelelangan ikan juga dapat kita temui pada pagi hari di sini. Asyiknya lagi, banyak pantai-pantai yang jauh lebih menarik yang bisa dikunjungi di sekitar Ujung Genteng.

7. Pantai Pangumbahan

Dari Ujung Genteng, sekitar 5 km ke arah barat daya, kita akan menemui Pantai Pangumbahan. Pantai ini mempunyai pasir yang putih seperti Pantai Ciantir, selain itu juga ombak yang besar. Hal menarik yang bisa kita temui di sini adalah lokasi penangkaran penyu. Pada waktu-waktu tertentu di sore hari, kita bisa melihat pelepasan anak penyu ke lautan lepas. Bahkan jika beruntung, Anda juga bisa melihat penyu dewasa yang bertelur pada malam hari.

8. Pantai Kepulauan Seribu

Ini Jakarta lho! Banyak sekali pantai di sini. Tapi saran saya, pilihlah yang paling ujung! Karena jauh dari keramaian dan masih sangat alami, seperti Pulau Pari atau Pulau Perak.

9. Pantai Pangandaran

Ini adalah pantai yang paling jauh dari Kota Bandung. Selain itu, pantai ini juga dinilai paling komersil di antara pantai-pantai di atas. Tapi Pangandaran tetap bisa menjadi pilihan. Pantai ini punya pasir yang landai, alamnya juga masih bagus. Saat akhir pekan, Pantai Pangandaran ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
New Photo
Gallery
Most Popular
Photos
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com