10 Gedung Tua di Surabaya yang 'Disulap' Jadi Objek Wisata

Mawan Sidarta - d'Traveler - Rabu, 02/01/2013 08:35:00 WIB
detikTravel Community -  

Tak heran jika Surabaya mendapatkan julukan Kota Pahlawan. Banyak bukti sejarah kemerdekaan Indonesia yang bisa ditemukan di kota ini, seperti gedung-gedung tua. Nah, ini dia 10 gedung tua di Surabaya yang berhasil 'disulap' jadi objek wisata.

Begitu banyak bangunan sejarah yang masih berdiri tegak hingga saat ini di Kota Surabaya, Jawa Timur. Dari pada terbengkalai tak berguna, bangunan tersebut kemudian dialihfungsikan sebagai objek wisata. Salah satunya adalah bangunan yang menjadi saksi bisu peristiwa heroik 10 November 1945, yakni Hotel Majapahit. Hotel yang berada di Jl Tunjungan ini menjadi bukti keberanian Arek-arek Surabaya dalam perjuangan mereka melawan Belanda.

Kemudian ada juga Jembatan Merah dengan latar belakang gedung-gedung indah menjadi tempat pertumpahan darah mengusir penjajah. Selanjutnya, ada Gedung Durasim yang menjadi simbol keberanian seniman ludruk dalam melawan penjajah Jepang. Tak ketinggalan pula makam Dr Sutomo.

Tak ketinggalan pula makam Dr Sutomo, Gedung Balai Pemuda Surabaya, Gedung Negara Grahadi, Gedung Nasional Indonesia (GNI), dan Kantor Gubernur Jawa Timur pertama. Selain dialihfungsikan, ada juga gedung tua di Surabaya yang belum terjamah oleh peremajaan, tapi tetap bisa menjadi tujuan wisata, seperti Gedung-gedung tua di Jl Rajawali dan di bantaran Kalimas. 

Sebenarnya masih banyak bangunan tua di Surabaya yang saat ini menjadi objek wisata. Beberapa dari bangunan tersebut saat ini beralih fungsi menjadi museum, hotel, dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, bangunan-bangunan tersebut seakan 'menceritakan' kejadian di masa lalu. Jika Anda traveling ke Surabaya, jangan lupa kunjungi salah satunya.

Promo tiket ke Juanda Surabaya mulai dari Rp. 422.196
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
New Photo
Gallery
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com