detiktravel

Miris, Pantai Bara Di Bulukumba Penuh Sampah

Ucok Alhariri - d'Traveler - Selasa, 14/05/2013 10:50:00 WIB
detikTravel Community -  

Pantai Bara terletak di Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulsel. Sejatinya, pantai ini punya pasir pantai yang putih nan halus, sepi, dan lautan yang biru cantik. Tapi, mengapa banyak sampah seperti botol plastik di sini?

Jarak tempuh dari Kota Makassar ke Pantai Bara sekitar 250 km. Pantai Bara ini terletak dalam kawasan Tanjung Bira di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Setelah 3 km Anda memaski kawasan Tanjung Bira, lanjutkan ke arah barat sebelum Pantai Bira. Di sana terdapat jalan beton selebar 2-3 meter dan susurilah jalan tersebut hingga sampai ke Pantai Bara.

Kawasan kafe dan karaoke akan Anda lewati sepanjang jalan beton tersebut. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan melewati tanah dan bebatuan karang. Suasana alami, menyambut kedatangan Anda setibanya di Pantai Bara.

Pantai ini sebenarnya indah, tak jauh berbeda dengan Pantai Bira yang memiliki pasir putih. Deretan pohon kelapa yang berdiri tegak menantang lautan hanya ditemukan pantai ini, tidak ada di Pantai Bira. Sebelah baratnya, terdapat batuan karang yang menjadi batas pantai.

Namun, pantai ini sangat kotor. Entah karena memang tidak dirawat atau karena musim angin barat yang sering membawa material dari lautan. Di sepanjang pantai terlihat berbagai jenis sampah mulai dari botol, sandal, kayu hingga rumput kering mati yang berwarna coklat. Tergeletak pasrah menjadi kontras berhadapan dengan pasirnya yang berwarna putih.

Promo tiket ke Surabaya mulai dari Rp. 507.291
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
New Photo
Gallery
Most Popular
Photos

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com