detiktravel

Inilah Keindahan Pulau Komodo yang Harus Anda Lihat

Ghesang Pratano Lillah - d'Traveler - Rabu, 15/05/2013 14:25:00 WIB
detikTravel Community -  

Siapa yang tak ingin traveling ke Pulau Komodo? Selain naga purba, pulau ini juga punya keindahan alam yang dahsyat. Foto-foto berikut adalah buktinya.

Perjalanan kami kali ini adalah sailing trip atau berlayar dari Nusa Tenggara Barat ke Nusa Tenggara Timur dengan tujuan utama Pulau Komodo. Berikut rangkuman perjalanan singkat selama 6 hari melihat dan meresapi keindahan Pulau Komodo:

1. Hari Pertama

Trip ini dimulai dengan menuju Nusa Tenggara Barat dari Jakarta dengan perjalanan udara kurang lebih 2 Jam. Para traveler menentukan titik  meeting point mulai pukul 13.00 s/d 24.00  WIta di penginapan di kota Mataram. Ada 14 orang yang mengikuti sailing trip ini. Perjalanan akan dimulai dari NTB Menuju NTT dengan berada di laut beberapa hari dan mengunjungi pulau-pulau yang indah dengan pasirnya yang cantik.

2. Hari Kedua

Pagi hari setelah kami packing, sarapan, dan sebagainya, sekitar pukul 09.00 Wita pagi mulai meluncur ke Labuan Lombok menggunakan bis kecil. Lalu, spot pertama yang kita kunjungi adalah Gili Bola. Di sini kami bisa snorkeling dan bermain di pantai. Menjelang sunset, kami pergi lagi ke sebuah teluk di Gili Kramat dan bermalam di teluk ini di dalam kapal.

Menurut cerita masyarakat setempat, Gili Keramat hanya dihuni oleh seorang nenek dan seekor kucingnya. Tapi karena waktu tak cukup, kami tidak bertemu mereka dan hanya menikmati sunset pertama di sini.

3. Hari ketiga

 Sekitar pukul 04.00 Wita, kapal bergerak ke Pulau Moyo. Sunrise di sepanjang perjalanan menuju Pulau Moyo pun terlihat sempurna. Alangkah indahnya Indonesia Timur.

Begitu sampai di Pulau Moyo, kami snorkeling dan menuju air terjun di tengah hutan Pulau Moyo. Di sinilah kamib puas mandi air tawar yang dingin. Dari pulau Moyo, kami menuju Pulau Satonda dan kami kembali snorkeling di sini.

Di Pulau Satonda ini ada sebuah danau unik yaitu Danau Air Asin yang terbentuk karena letusanGgunung Tambora. Di Danau ini konon ada sebuah pohon kalibuda. Apabila kami menggantungkan keinginan dengan batu atau karang, maka keinginan akan terkabul.

Saat kami berendam di danaunya ada ikan-ikan kecil yang menghampiri dan mencubit-cubit kaki seperti sedang direfleksi Setelah puas bermain di Pulau Satonda, kami melakukan perjalanan overnight menuju Gili Laba. Kami pun tidur dengan kapal dalam kondisi jalan.

4. Hari keempat


Sekitar pukul 06.00-08.00 Wita, kami tiba di Gili Laba. Kami melakukan short trekking menuju puncaknya dan meliat keindahan kepulauan Komodo dari sini. Setelah dari Gili Laba, kami menuju Pink Beach. Inilah spot snorkeling terbaik yang pernah saya datangi. Dari Pink Beach, kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Komodo.

Sorenya sekitar pukul 16.00 Wita, kami berkunjung ke Kampung Komodo. Ssebuah kampung yang ada di Pulau Komodo dan berkunjung ke Taman Bacaan Pelangi untuk menyumbangkan buku bacaan anak yang sudah kita bawa

Menjelang sunset, setiap peserta trip wajib membawa buku bacaaan untuk disumbangkan ke anak anak Kampung Komodo. Setelah dari sini, kami menuju menuju Gili Kalong untuk melihat sunset dan ribuan kelelawar. Kami pun bermalam di sini, dengan kapal dalam kondisi diam di teluk.

5. Hari Kelima

Pagi hari kami mulai perjalanan lagi menuju Pulau Rinca, tempat habitat komodo yang lebih liar dan lebih banyak. Di sini kami akan melakukan long trekking. Banyak turis asing di Pualu Rinca ini dan kami pun didampingi ranger saat sedang trekking.

Dari Pulau Rinca, rencana kami menuju Pulau Bidadari atau Pulau Kelor untuk melakukan snorkeling terakhir dari trip ini dan bersantai di pantai. Tapi karena hari mulai gelap , kami memutuskan untuk langsung menuju ke Labuan Bajo.

Sekitar pukul 16.00 Wita, kami menuju Labuan Bajo untuk check in ke penginapan dan mengejar sunset di Paradise Bar. Paradise Bar adalah bar dan tempat terindah di Labuan Bajo untuk menikmati sunset sambil minum-minum ditemani musik yang asyik.

6. Hari keenam

Setelah sarapan, kami menuju bandara untuk melanjutkan perjalanan pulang dengan pesawat ke Denpasar. Sekitar pukul 13.00 Wita kami semua tiba di Denpasar dan berakhirlah dari trip ini.

Promo tiket ke Labuan Bajo mulai dari Rp. 2.121.443
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
New Photo
Gallery
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com