detiktravel

Kisah Tragis Kampung Vietnam di Pulau Galang, Batam

Agil Jolie - d'Traveler - Rabu, 02/10/2013 10:45:00 WIB
detikTravel Community -  

Di Pulau Galang, Batam, terdapat Kampung Vietnam yang bisa didatangi wisatawan. Pulau Galang menjadi saksi kelam sejarah dan tragedi para pengungsi Perang Vietnam.

Ini merupakan peninggalan dari pengungsi warga Vietnam yang menolak peperangan. Mereka dibantu oleh UNHCR PBB untuk dibuatkan fasilitas seperti tempat ibadah, rumah sakit dll. Tetapi kisah mereka tidak sepenuhnya happy ending, karena terdapat juga tempat penggemblengan kaum muda dan penjara, karena banyak juga tindakan kriminal. Di pulau ini dulu banyak terjadi pembunuhan dan pemerkosaan. Stress dan depresi kerap menghantui setiap orang.

Kisah tragis itu terabadikan dalam sebuah monumen yang ada di Camp Vietnam. Berhubung untuk kesana tidak ada angkutan umum, jadi lebih baik menyewa mobil, kurang lebih Rp 300.000 dan menempuh perjalanan sekitar kurang dari 3 jam. Bawa bekal ya, pergi dari pagi pulang sore pukul 16.00 WIB, karena lumayan bikin merinding. Tapi worth it! Kita akan melewati Jembatan Barelang yang megah. Kalau masih ada waktu panjang, bisa menyeberang ke Singapura atau ke Nagoya Hills.

Promo tiket ke Kuala Namu Medan mulai dari Rp. 675.159
Mau jalan-jalan ke Jepang gratis? Ayo ikutan program Dream Destination Japan. 3 Petualang yang beruntung akan berangkat ke Jepang dan memperebutkan Grand Prize Rp 10 juta. Ayo daftar di sini.
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
New Photo
Gallery
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com